Perbandingan penerapan pembelajaran online dengan model project based learning (PJBL) dan think pair share (TPS) terhadap kreativitas dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X program keahlianTKJ di SMKN 07 Malang / Harida Nabilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan penerapan pembelajaran online dengan model project based learning (PJBL) dan think pair share (TPS) terhadap kreativitas dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X program keahlianTKJ di SMKN 07 Malang / Harida Nabilah

Nabilah, Harida (2022) Perbandingan penerapan pembelajaran online dengan model project based learning (PJBL) dan think pair share (TPS) terhadap kreativitas dan kolaborasi siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X program keahlianTKJ di SMKN 07 Malang / Harida Nabilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi sektor pendidikan. Sistem pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka harus dilakukan secara online. Pembelajaran online hanya terpaku pada modernitas ponsel namun tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan. Mata pelajaran sistem komputer mengacu pada logika berpikir yang kreatif. Sehingga mata pelajaran ini membutuhkan keterampilan kreativitas siswa dan kerjasama yang baik antar siswa. Berdasarkan permasalahan terkait keterampilan kreativitas dan kolaborasi siswa maka perlu dilakukan perbaikan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakter materi dan karakter siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk meningkatkan keterampilan kreativitas dan kolaborasi siswa adalah model Project Based Learning (PjBL) dan Think Pair Share (TPS). Model Project Based Learning (PjBL) merupakan salah satu tipe pembelajaran yang fokus pada kegiatan siswa sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang sesuai dengan masalah dan kebutuhan yang ada. Model PjBL melatih siswa dalam bekerja tim dengan begitu siswa akan mempersiapkan diri mereka untuk mengatasi konflik antar anggota tim untuk berbagi tugas dan untuk mempersiapkan apa yang diperlukan untuk proyek. Model Think Pair Share (TPS) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir dan merespon serta saling bantu dengan siswa yang lain. Sehingga dua model pembelajaran tersebut cocok digunakan selama pembelajaran online. Keterampilan kreativitas dan kolaborasi siswa dapat diukur dengan nilai yang diperoleh dari tes yang diberikan oleh guru. Penilaian dilakukan dengan tes tulis dan non tes. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena akan mengkaji tentang (1) hasil keterampilan kreativitas dan kolaborasi siswa dengan menerapkan model PjBL dan TPS pada mata pelajaran Sistem Komputer (2) perbedaan tingkat kreativitas siswa dengan menggunakan model PjBL dan TPS pada mata pelajaran Sistem Komputer dan (3) perbedaan tingkat kolaborasi siswa dengan menggunakan model PjBL dan TPS pada mata pelajaran Sistem Komputer. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment dan model Nonequivalent Control Group Design dengan metode pretest- posttest. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PjBL dan model TPS variabel terikat tingkat kreativitas dan tingkat kolaborasi. Sampel penelitian terdiri dari 66 siswa. Analisis data dilakukan secara uji prasyarat asumsi uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas dan kolaborasi siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan kelas kontrol yang menggunakan model Think Pair Share (TPS). Pembelajaran yang menggunakan model Project Based Learning lebih efektif pada keterampilan kolaborasi sedangkan pembelajaran yang menggunakan model Think Pair Share lebih efektif pada keterampilan kreativitas pada kompetensi dasar Mengevaluasi Perangkat Peripheral/Eksternal pada kelas X TKJ di SMK Negeri 07 Malang. Penelitian lebih lanjut tentang pembelajaran online perlu dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang lebih interaktif dan koefisien dalam pemahaman siswa agar lebih mempermudah siswa belajar dimana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269553

Actions (login required)

View Item View Item