Penerapan model pembelajaran team accelerated instruction (tai) terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran pemrograman dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Malang / Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran team accelerated instruction (tai) terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran pemrograman dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Malang / Nurul Hidayati

Hidayati, Nurul (2022) Penerapan model pembelajaran team accelerated instruction (tai) terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran pemrograman dasar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Malang / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran. Kemampuan pemrograman siswa dapat dibentuk melalui sebuah proses pembelajaran di kelas. Pemrograman merupakan kompetensi penting dan merupakan inti dari kompetensi yang dibutuhkan siswa untuk menjadi seorang programmer. Tantangan awal yang dihadapi pemula dalam belajar pemrograman yaitu mengenai pemahaman sintaksis dan semantik. Model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat membimbing murid dalam membangun konsep prinsip dan tahapan pemrograman untuk dirinya sendiri dengan merubah penemuannya dengan teman dan guru dalam hal ini ada gabungan antara pembelajaran individu dan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran TAI terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMKN 7 Malang (2) perbedaan penerapan model pembelajaran TAI dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMKN 7 Malang (3) efektifitas model pembelajaran TAI terhadap penguasaan sintaksis dan semantik pada mata pelajaran Pemrograman Dasar di SMKN 7 Malang. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan tipe pre-test post-test control group. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran TAI dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengetahuan sintaksis dan semantik. Sampel dalam penelitian sejumlah 62 murid yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent t-test dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yaitu tejadi peningkatan penguasaan sintaksis dan semantik setelah diberikan perlakuan model pembelajaran TAI dan terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran TAI dan Discovery Learning terhadap penguasaan sintaksis dan semantik. Model pembelajaran TAI cukup efektif digunakan untuk penguasaan sintaksis dan semantik pemrograman dasar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 03:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269552

Actions (login required)

View Item View Item