Media pembelajaran berbasis augmented reality terintegrasi case based learning pada materi instalasi jaringan komputer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK / Faizal Indaryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pembelajaran berbasis augmented reality terintegrasi case based learning pada materi instalasi jaringan komputer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK / Faizal Indaryanto

Indaryanto, Faizal (2022) Media pembelajaran berbasis augmented reality terintegrasi case based learning pada materi instalasi jaringan komputer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK / Faizal Indaryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan akademik di SMK Negeri 4 Malang kelas X TJKT peserta didik kesulitan dalam memahami materi instalasi jaringan komputer. Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi masih dilakukan secara verbal menggunakan power point dengan metode ceramah sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar dan tingkat pemahaman peserta didik. Disisi lain muncul beberapa masalah seperti keterbatasan sumber daya dan fasilitas yang dimiliki sekolah serta pembelajaran selama pandemi dilakukan secara tatap muka dengan waktu yang dikurangi sehingga peserta didik belum mendapatkan pemahaman yang optimal pada pembelajaran praktikum. Teknologi yang mendukung media pembelajaran dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah augmented reality. Penelitian ini memiliki tujuan merancang mengembangkan menguji kelayakan dan mengukur peningkatan motivasi belajar media pembelajaran berbasis augmented reality terintegrasi case based learning yang terdapat dalam materi instalasi jaringan komputer peserta didik kelas X Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi di SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui 4 fase meliputi (1) fase investigasi awal (preliminary investigation) (2) fase desain (design) (3) fase realisasi/konstruksi (realization/construction) dan (4) fase tes evaluasi dan revisi (test evaluation and revision). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kelayakan media ini diukur menggunakan hasil dari validasi ahli dan hasil uji coba peserta didik. Sedangkan peningkatan motivasi belajar diukur dari hasil gain uji coba peserta didik. Hasil dari Media pembelajaran yang dikembangkan berupa aplikasi augmented reality terintegrasi case based learning didampingi dengan marker dalam bentuk flash card. Hasil analisis kelayakan media pembelajaran diperoleh hasil validasi ahli media sebesar 91% validasi ahli materi sebesar 90 4% uji coba kelompok kecil sebesar 86 9% dan uji coba kelompok besar sebesar 87 4%. Hasil analisis seluruh data kelayakan diperoleh rata-rata sebesar 88 9% dengan kualifikasi ldquo sangat valid rdquo dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran peserta didik. Sedangkan hasil analisis peningkatan motivasi belajar diperoleh hasil uji coba kelompok kecil sebesar 0 49 dan uji coba kelompok besar sebesar 0 39. Hasil tersebut menunjukkan media pembelajaran dinyatakan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan kualifikasi ldquo sedang rdquo . Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan dapat digunakan guru sebagai alternatif media pembelajaran untuk membantu penyampaian materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 08:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269551

Actions (login required)

View Item View Item