Pengembangan game edukasi visual novel untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk SMKN di Malang / Akhmad Irsyad Syarifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi visual novel untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk SMKN di Malang / Akhmad Irsyad Syarifuddin

Syarifuddin, Akhmad Irsyad (2022) Pengembangan game edukasi visual novel untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk SMKN di Malang / Akhmad Irsyad Syarifuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar harus memiliki minat belajar karena hasil belajar siswa dipengaruhi oleh tingkat minat belajar siswa. Penggunaan alat bantu belajar bisa menjadi salah satu cara yang dapat dimanfaatkan untuk memupuk minat belajar siswa. Game edukatif merupakan salah satu contoh pengembangan bahan ajar. Di antara berbagai genre yang ada salah satu game edukasi yang paling banyak diminati adalah genre visual novel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game edukasi bergenre Visual Novel yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android dan dapat digunakan sebagai sarana penunjang pembelajaran pemrograman dasar bagi siswa SMK biologi terhadap tingkat minat belajar siswa . Dalam penelitian ini dilakukan uji kelayakan terhadap produk yang dikembangkan kemudian dilakukan eksperimen untuk mengukur minat belajar siswa yang tekah menggunakan produk yang game edukasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan multimedia Luther. Model pengembangan multimedia luther terdiri dari enam tahap yaitu concept design material collecting assembly testing dan distribution. Hasil validasi menunjukkan produk yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran pemrograman dasar siswa SMK. Hasil penilaian keseluruhan aspek sesuai keputusan ahli materi mendapat nilai 3 891 dengan kategori baik. Begitu juga dengan evaluasi keseluruhan dari setiap aspek yang dilakukan oleh validator anggota media memperoleh nilai 4 450 dengan nilai sangat baik. Dan berdasarkan hasil uji yang dilakukan terhadap responden dengan total nilai setiap aspek evaluasi diperoleh nilai sebesar 3.964 dengan kategori baik.. Hasil pengetesan yang dilakukan menunjukkan aspek perhatian siswa mendapat nilai 4 149 dengan kategori baik. Aspek ketertarikan siswa mendapat nilai 4 143 dengan kategori baik. Aspek rasa senang siswa mendapat nilai 4 166 dengan kategori baik. Serta aspek keterlibatan aktif siswa mendapat nilai 3 989 dengan kategori baik. Sehingga hasil nilai keseluruhan setiap aspek uji coba pengaruh produk terhadap minat belajar yang dilakukan pada siswa SMKN di Malang mendapatkan nilai 4 111 dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269549

Actions (login required)

View Item View Item