Analisis literasi digital calon guru teknik komputer dan informatika pada masa pandemi covid-19 (studi kasus mahasiswa 2018 pti – FT Universitas Negeri Malang) / Mirza Rachmad Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis literasi digital calon guru teknik komputer dan informatika pada masa pandemi covid-19 (studi kasus mahasiswa 2018 pti – FT Universitas Negeri Malang) / Mirza Rachmad Pratama

Pratama, Mirza Rachmad (2022) Analisis literasi digital calon guru teknik komputer dan informatika pada masa pandemi covid-19 (studi kasus mahasiswa 2018 pti – FT Universitas Negeri Malang) / Mirza Rachmad Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar berubah menjadi hampir sepenuhnya daring. Hal ini berimbas pada calon pendidik yang dituntut untuk memahami dan menguasai teknologi digital dalam kaitannya dengan proses pembelajaran. Penguasaan teknologi berkaitan dengan literasi digital dari para calon guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi digital pada kalangan calon guru yang berkonsentrasi dalam bidang teknik komputer dan informatika. Subjek penelitian adalah mahasiswa dalam Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang dengan tahun masuk aktif 2018. Acuan analisis penelitian yang digunakan adalah California ICT Digital Literacy Assessments and Curriculum Framework. Penelitian menggunakan metode survei kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil penelitian diukur dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dan analisis dari 30 responden menunjukkan bahwa literasi digital pada mahasiswa calon guru memiliki indeks 4 15 dari skala 5 dengan kategori tinggi. Menurut jumlah kemampuan literasi digital sebanyak (1) 60% mahasiswa berkategori sangat tinggi (2) 27% berkategori tinggi dan (3) 13% berkategori sedang. Indeks tiap elemen literasi digital menunjukkan angka (1) 4 29 untuk Access (2) 4 18 untuk Manage (3) 4 13 untuk Integrate (4) 4 08 untuk Evaluate (5) 4 18 untuk Create dan (6) 4 10 untuk Communicate. Kategori sangat tinggi ada pada elemen Access sedangkan lainnya berkategori tinggi. Elemen Evaluate memiliki nilai terendah dari keseluruhan elemen. Pada rincian tiap pernyataan dalam kuesioner pernyataan yang berkaitan dengan kemampuan terkait sumber-sumber informasi memiliki indeks nilai terendah. Studi lebih lanjut diperlukan dengan memperbesar sampel atau pengambilan data dari keseluruhan populasi guna memahami gambaran utuh dari kondisi subjek penelitian. Pembelajaran untuk mahasiswa calon guru diharapkan lebih banyak memanfaatkan sumber daya dan media digital serta menekankan pentingnya pengetahuan terkait sumber asal informasi untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269547

Actions (login required)

View Item View Item