Pengembangan e-modul dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Malang / Yurike Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Malang / Yurike Wardani

Wardani, Yurike Wardani (2022) Pengembangan e-modul dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 3 Malang / Yurike Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi informasi telah berkembang dengan cukup pesat dan memberikan perubahan di semua kalangan. Saat ini dunia tengah dilanda pandemi yakni COVID-19 yang sudah mengubah banyak aspek salah satunya situasi pendidikan di Indonesia. Banyak kebijakan baru dibuat salah satunya pembelajaran yang tidak harus datang ke sekolah dan dapat dilakukan secara daring. Sedangkan wawasan dan pengetahuan terus diperbaharui. Pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK terdapat salah satu mata pelajaran wajib yaitu Pemrograman Dasar. Dengan bahasan logika dasar struktur bahasan pemrograman yang bersifat universal serta mengedepankan pembentukan pola pikir mengenai pembuatan sebuah program yang efektif dan efisien. Berdasar pada wawancara yang sudah dilakukan dengan guru SMK Negeri 3 Malang pengampu mata pelajaran Pemrograman Dasar didapatkan hasil bahwa akibat pandemi tersebut guru belum menemukan model atau bahan ajar yang sesuai terlebih untuk peserta didik yang tengah dalam masa peralihan dari SMP ke SMK yang belum mengerti akan apa yang akan dipelajari pembelajaran yang dilakukan masih bersifat power text dan belum disesuaikan dengan kehidupan nyata (konteks) atau sehari-hari yang mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah masih rendah serta kesulitan dalam penyerapan materi terlebih pada mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman secara analogi oleh peserta didik. Oleh sebab itu dikembangkan bahan ajar E-modul menggunakan problem-based learning sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai solusi dalam proses belajar. Penggunaan problem-based learning yang menitik beratkan pada masalah dapat mengembangkan kemampuan dalam pemahaman serta pembangunan ketrampilan melalui tahapannya. Tujuan adanya penelitian pengembangan ini yakni untuk mengetahui proses merancang E-Modul proses mengembangkan dan tingkat kelayakannya. E-Modul ini dikembangkan melalui penerapan metode ADDIE dengan tahapan yakni Analysis(Analisis) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi) serta Evaluation (Evaluasi). Di dalam bahan ajar ini berisikan atas kata pengantar daftar isi petunjuk penggunaan isi materi rangkuman tugas latihan tugas praktik glosarium dan daftar pustaka. Baik penugasan ataupun studi kasus didasarkan pada masalah sehari-hari. Diharapkan melalui adanya E-Modul ini para peserta didik lebih dipermudah pada pemahaman materi yang diajar. Hasil dari validasi serta uji coba mendapatkan rata-rata skor 91.1% dengan tingkatan pada kategori sangat layak atau sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi dalam proses pembelajaran. Dengan rincian yaitu (1) Persentase validasi ahli media sebanyak 98.9% tingkat kategori sangat valid (2) Persentase validasi ahli media sebanyak 93.6% tingkat kategori sangat valid (3) Persentase uji coba kelompok kecil sebanyak 82.2% tingkat kategori cukup valid dan (4) Persentase uji coba kelompok besar sebanyak 89.7% tingkat kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269546

Actions (login required)

View Item View Item