Hubungan sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian / Aza Pascaeka - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian / Aza Pascaeka

Pascaeka, Aza (2022) Hubungan sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian / Aza Pascaeka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan dalam pendidikan dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal salah satu contoh faktor internal adalah motivasi belajar siswa yang membuat pengaruh besar akan keberhasilan dalam belajar. Motivasi belajar menjadikan anak untuk lebih aktif dalam mengarahkan tingkah lakunya dalam belajar. Kemudian contoh faktor eksternal yaitu mengenai sarana prasarana yang ada di sekolah sehingga akan menunjang siswa dalam proses pembelajaran. Sarana prasarana yang lengkap akan membuat siswa merasa nyaman bersemangat dalam belajar. Selain itu kompetensi guru juga menjadi suatu hal penting karena pembelajaran yang menyenangkan jelas akan membuat siswa mudah dalam menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi keadaan sarana prasarana di SMK Negeri Pasirian (2) mengetahui kompetensi guru kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian (3) mengetahui motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri pasirian (4) mengetahui hubungan sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian (5) mengetahui hubungan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian (6) mengetahui hubungan sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak di SMK Negeri Pasirian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel sarana prasarana terhadap motivasi belajar siswa dan variabel kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Sarana prasarana yang tersedia di SMK Negeri Pasirian yang sudah berstandar nasional dapat menunjang pembelajaran sehingga siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Kompetensi guru yang dimiliki oleh guru SMKN Pasirian sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dimana kompetensi pedagogik dan profesionalisme yang telah dimiliki oleh guru tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adanya hubungan antara sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari sarana prasarana yang sudah memadai dan kompetensi guru yang dimiliki sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 16 Tahun 2007.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269545

Actions (login required)

View Item View Item