Pengembangan media pembelajaran microlearning dengan instagram bermuatan problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa SMK / Anggeria Wanda Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran microlearning dengan instagram bermuatan problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa SMK / Anggeria Wanda Putri

Putri, Anggeria Wanda (2022) Pengembangan media pembelajaran microlearning dengan instagram bermuatan problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital siswa SMK / Anggeria Wanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana pendukung dalam memahami dan menyampaikan materi pada proses belajar mengajar terlebih pada keadaan pembelajaran yang sedang mengalami perubahan tatacara pendidikan dimana pembelajaran yang awalnya tatap muka namun pada masa pandemi Covid-19 membuat siswa terpaksa belajarn secara online. Namun tahun ajaran baru 2021/2022 pembelajaran kini dilakukan dengan syarat 100% siswa masuk kelas tetapi terdapat batasan waktu pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan pada beberapa SMK di Malang raya media pembelajaran yang digunakan oleh para guru simulasi dan komunikasi digital masih menggunakan media konvensial khususnya pada materi simulasi dan komunikasi digital khususnya KD 3.3 3.4 dan 3.5 siswa cenderung lebih tertarik dengan pembelajaran dengan memanfaatkan sosial media materi yang diberikan termuat materi konsep yang sangat banyak guru hanya memberikan materi berupa teks dan gambar tanpa contoh berupa video pembejaran sehingga membuat siswa malas dan kurang termotivasi. Upaya yang dilakukan untuk membantu dan memberikan sensasi pembelajaran yang menarik dan memicu semangat siswa pada penelitian bertujuan (1) mengembangkan media pembelajaran microlearning dengan instagram pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran microlearning dengan instagram yang dikembangkan (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran microlearning dengan instagram pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Manfaat dari penelitian dan pengembangan ini dapat membantu siswa guru sekolah dan peneliti dalam mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran microlearning dengan instagram sebagai media atau alat suplemen pembelajaran serta menumbuhkan kreativitas guru dan calon guru dalam membuat inovasi pembelajaran yang interaktif bagi siswa. Model pada penelitian dan pengembangan yaitu Research and Development (R amp D) dengan menggunakan model pengembangan Assure yang terdiri atas 6 tahap pengembangan yaitu Analisis pembelajar Menentukan tujuan Pemilihan rancangan media dan materi ajar Penggunaan media dan materi ajar Menumbuhkan minat partisipasi siswa dan Pengevaluasian dan revisi. Validasi dilakukan oleh ahli media ahli materi dan ahli angket motivasi belajar tahap berikutnya dilaksanakan uji coba kelayakan oleh 22 siswa dan pengukuran motivasi belajar dengan jenis pengumpulan data yaitu kuantitatif dan kualitatif yang memanfaatkan metode pengumpulan informasi dan data menggunakan angket. Hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan menghasilkan sebuah kesimpulan dimana hasil persentase validasi ahli media 88% ahli materi 1 80% ahli materi 2 89% dan persentase validasi angket motivasi belajar sebesar 81% dari keempat hasil validasi yang dilakukan oleh validator tersebut menunjukan kategori sangat valid. Merujuk pada hasil uji produk sebesar 86% masuk kategori sangat valid dan hasil angket motivasi belajar sebesar 85% yang berarti sangat valid. Pemanfaatan fitur-fitur pendukung pada instagram diterapkan pada media pembelajaran microlearning seperti feed instagram story instagram reels IGTV dan DM. Dari keseluruhan hasil maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran microlearning dengan instagram mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta mendapatkan respon yang baik pada saat proses pembelajaran dan media ini dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya dengan memperhatikan beberapa masukan dari beberapa ahli dan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269542

Actions (login required)

View Item View Item