Hubungan keaktifan mahasiswa berorganisasi dan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa pendidikan teknik informatika 2018 Universitas Negeri Malang dengan kesiapan menjadi guru kejuruan / Hesti Nur Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan keaktifan mahasiswa berorganisasi dan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa pendidikan teknik informatika 2018 Universitas Negeri Malang dengan kesiapan menjadi guru kejuruan / Hesti Nur Afifah

Afifah, Hesti Nur (2022) Hubungan keaktifan mahasiswa berorganisasi dan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa pendidikan teknik informatika 2018 Universitas Negeri Malang dengan kesiapan menjadi guru kejuruan / Hesti Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membutuhkan pengajar dengan kemampuan abad 21 yang tidak dapat digantikan oleh teknologi seperti ldquo Critical thinking Creativity Communication and Collaboration rdquo (Berpikir kritis Kreativitas Komunikasi dan Kolaborasi). Aktivitas organisasi siswa dan nilai rata-rata merupakan dua faktor yang menentukan persiapan mereka untuk menjadi guru kejuruan masa depan dengan kemampuan abad ke-21. Riset ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat keterlibatan siswa dalam organisasi (X1) nilai rata-rata (X2) dan kesiapan menjadi guru SMK (Y) (2) mengungkapkan secara parsial hubungan antara (X1) dan (Y) dan (X2) dan (Y) dan (3) mengungkapkan hubungan simultan antara (X1) dan (X2) dan (Y). Teknik penelitian ex post facto ini memanfaatkan desain deskriptif korelasional dan metodologi kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket kepada 73 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2018 dengan menggunakan metode sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner yang telah dievaluasi validitas dan ketergantungannya. Variabel Y X1 dan X2 memiliki nilai ketergantungan yang sesuai sebesar 0 962 0 976 dan 0 912. SPSS digunakan untuk melakukan analisis korelasi parsial dan regresi berganda analisis uji prasyarat dan analisis kontribusi efektif dan relatif. (1) Tingkat X 1 termasuk dalam kategori tinggi (44%) (2) Tingkat X2 dalam kategori tinggi (41%) dan (3) Tingkat Y dalam kategori tinggi (51%). Nilai sig mewakili hubungan parsial antara X1 dan Y. Antara (0 000 lt 00.5) dan Y terdapat nilai sig. (0 000 lt 0 05). Hubungan antara X1 dan X2 dengan Y secara simultan memiliki nilai sig.F sebesar (0 000 lt 0 05). 0 654 R Kontribusi efektif 42 08 persen kedua variabel independen terhadap variabel dependen Y menunjukkan kontribusi X1 dan X2 terhadap Y. Kontribusi relatif X1 adalah 31 89 persen sedangkan kontribusi relatif X2 adalah 68 11 persen. Kontribusi X1 sebesar 13 60% dan X2 sebesar 29 10% sedangkan sisanya 57 3% dipengaruhi oleh berbagai variabel dan keadaan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) tingkat X1 X2 dan Y dalam kategori (2) adanya hubungan positif dan signifikan secara statistik antara X1 dan Y X2 dan Y dan (3) kemunculan bersama X1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269541

Actions (login required)

View Item View Item