Hubungan persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 dengan kesiapan menjadi guru di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Santi Nur Fauzy - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 dengan kesiapan menjadi guru di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Santi Nur Fauzy

Fauzy, Santi Nur (2022) Hubungan persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 dengan kesiapan menjadi guru di era revolusi industri 4.0 pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik informatika jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Santi Nur Fauzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era 4.0 mempengaruhi dan mengubah dunia pendidikan. Perubahan ini disebut sebagai education 4.0 (pendidikan 4.0) dimana proses pembelajaran berkembang melalui pemanfaatan teknologi digital. Mahasiswa calon guru perlu dipersiapkan dengan baik dan matang untuk menjadi guru profesional di era 4.0. Salah satu faktor pendukung kesiapan calon guru di masa depan adalah persepsi tentang pendidikan 4.0. Tujuan kajian ini adalah untuk menjelaskan (1) deskripsi persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 (X) (2) deskripsi kesiapan menjadi guru di era 4.0 (Y) dan (3) hubungan antara variabel X dan Y. Studi ini memakai metode deskriptif jenis studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Cara penarikan sampel yang dipakai ialah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 120 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika TE UM. Pengukuran variabel X dan Y menggunakan instrumen angket/kuesioner. Variabel X dan Y secara berurutan memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0 949 dan 0 939. Teknik analisis yang dikenakan ialah analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil dari studi ini diantaranya (1) tingkat persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 terdapat pada kategori sangat tinggi (2) tingkat kesiapan menjadi guru di era 4.0 ada di kategori sangat tinggi (3) koefisien korelasi X dan Y yaitu 0 537 dan tingkat signifikansinya adalah 0 000. Studi ini menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pendidikan 4.0 dengan kesiapan menjadi guru di era 4.0 memiliki hubungan yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269532

Actions (login required)

View Item View Item