Penerapan blended learning menggunakan learning management system (lms) terhadap hasil belajar siswa kelas x TKJ SMKN 1 Pogalan / Raden Ronggo Aji Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan blended learning menggunakan learning management system (lms) terhadap hasil belajar siswa kelas x TKJ SMKN 1 Pogalan / Raden Ronggo Aji Pangestu

Pangestu, Raden Ronggo Aji (2022) Penerapan blended learning menggunakan learning management system (lms) terhadap hasil belajar siswa kelas x TKJ SMKN 1 Pogalan / Raden Ronggo Aji Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wabah Covid-19 proses belajar mengajar pada pendidikan formal dilangsungkan online. Pada pertengahan 2021 pembelajaran yang seharusnya daring kini bisa dilakukan secara tatap muka namun dengan ketentuan hanya 50% dari total populasi siswa sekolah. Pembelajaran tersebut dapat dicapai dengan menggunakan pembelajaran blended learning. Bentuk blended learning mempunyai ciri sendiri dibanding bentuk pembelajaran lain yakni pembelajarannya memanfaatkan alat belajar mengajar menggunakan teknologi serta bisa dibuka online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah melalui penggunaan eksperimen semu (quasi experimental design). Perlakuan yang dipakai adalah pre-test post-test control group design. Dan sampel penelitian murid kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 di SMKN 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data penelitian dengan melakukan obeservasi wawancara pre-test pemberian perlakuan pada saat pembelajaran post-test dan angket respon siswa. Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan hasil sebagai berikut 1). Penerapan pembelajaran blended learning menggunakan Learning Management System (LMS) mengalami kenaikan rerata pada hasil belajar peserta didik. Dan 2). Metode blended learning menggunakan LMS sangat efisien digunakan karena LMS menghemat waktu peserta didik untuk melakukan presensi dan mencari materi dari berbagai sumber dengan cepat karena sudah tersedia dan dikelola rapi di dalam LMS. kurang efektif digunakan karena dari peserta didik kesulitan untuk mengakses materi di LMS disebabkan masih belum terbiasa menggunakan LMS. Kemudian dari pengajar kurang memiliki keterampilan dalam menyelenggarakan e-learning sehingga tidak bisa mengkondisikan situasi dalam kelas online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269531

Actions (login required)

View Item View Item