Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi infografis bermuatan contextual teaching learning (CTL) untuk menumbuhkan keaktifan belajar dasar desain grafis pada Siswa Kelas X TKJ SMK Islam 1 Blitar / Naimu Shudur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi infografis bermuatan contextual teaching learning (CTL) untuk menumbuhkan keaktifan belajar dasar desain grafis pada Siswa Kelas X TKJ SMK Islam 1 Blitar / Naimu Shudur

Shudur, Naimu (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi infografis bermuatan contextual teaching learning (CTL) untuk menumbuhkan keaktifan belajar dasar desain grafis pada Siswa Kelas X TKJ SMK Islam 1 Blitar / Naimu Shudur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi di zaman era global ini semakin besar pula pengaruh teknologi terhadap berbagai aspek kehidupan salah satunya pada bidang pendidikan. Dalam penerapan teknologi pada bidang pendidikan hendaknya pengembang memperhatikan karakter peserta didik yang akan menggunakannya. Di zaman sekarang peserta didik mempunyai kecenderungan menggunakan gadget khususnya berupa smartphone dibandingkan dengan media-media konvensional lainnya. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan kepada siswa kelas X TKJ di SMK Islam 1 Blitar diketahui bahwa 60% siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi dasar desain grafis. Hal ini dikarenakan siswa berasal dari berbagai latar belakang pengetahuan tentang perkembangan teknologi serta materi desain grafis. Selain itu juga diperlukan adanya pembaharuan dalam segi media konten dan bahasa agar menyesuaikan karakteristik siswa di era sekarang.Media pembelajaran interaktif dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran pendukung pada mata pelajaran dasar desain grafis. Media pembelajaran tersebut dipadukan dengan model pembelajaran contextual teaching learning yang bisa membantu siswa untuk memahami serta beradaptasi dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis animasi infografis pada mata pelajaran dasar desain grafis. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu meliputi (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Uji kelayakan produk nantinya akan dilakukan oleh siswa bidang keahlian TKJ di SMK Islam 1 Blitar yang sedang atau telah menempuh mata pelajaran dasar desain grafis. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi pertama diperoleh persentase kelayakan sebesar 94% sedangkan hasil validasi ahli materi kedua diperoleh persentase sebesar 97%. Selain itu hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 100%. Proses uji coba produk dilakukan sebanyak dua tahap pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87% sedangkan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 94%. Berdasarkan data hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis animasi infografis bermuatan contextual teaching learning pada mata pelajaran dasar desain grafis dapat dikategorikan sagat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269527

Actions (login required)

View Item View Item