Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi virtual reality sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi perakitan komputer Kelas X teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Magetan / Elisa Nur Syafiatul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi virtual reality sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi perakitan komputer Kelas X teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Magetan / Elisa Nur Syafiatul Mufida

Mufida, Elisa Nur Syafiatul (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi virtual reality sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada materi perakitan komputer Kelas X teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Magetan / Elisa Nur Syafiatul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perakitan Komputer merupakan materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas X program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Magetan. Saat ini proses pembelajaran yang terbatas dengan media cetak dan video pembelajaran cenderung membuat siswa kesulitan belajar yang berpotensi mengalami kesalahpahaman konsep materi yang diajarkan. Dari permasalahan yang telah diuraikan dirasa penting terdapat pengembangan media pembelajaran berupa visualisasi gambar melalui objek 3D materi perakitan komputer berbasis virtual reality sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk merancang mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi perakitan komputer. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research dan Development (R amp D) dengan metode ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Pengumpulan data menggunakan penilaian yang didasarkan dari ahli media serta ahli materi pembelajaran dengan menggunakan angket dan test (pre test dan post test) untuk responden. Metode Certainly of Response Index (CRI) sendiri digunakan oleh peneliti sebagai metode dalam menilai tingkat pemahaman siswa. Media Pembelajaran yang dikembangkan berupa aplikasi mobile ldquo Simplify rdquo berbasis android dengan memanfaatkan teknologi virtual reality (VR). Virtual Reality menampilkan konten digital yang memvisualisasikan jenis dan letak komponen komputer kepada siswa dengan suasana tiga dimensi (3D) yang dibangkitkan melalui media sehingga siswa seolah-olah terlibat secara fisik pada pembelajaran berlangsung. Hasil analisis kelayakan media sebesar 89 34% validasi aspek materi dan isi sebesar 94 72% serta uji coba lapangan sebesar 94 16%. Analisis terkait peningkatan pemahaman siswa dalam materi perakitan komputer mengalami kenaikan siginifikan dari 12 5% menjadi 62 5%. Dengan adanya hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran dapat dinyatakan layak untuk ditetapkan sebagai media pembelajaran materi perakitan komputer dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait materi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269516

Actions (login required)

View Item View Item