Bahan ajar berbasis mobile learning pada sistem komputer dengan metode contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMK/ Mahera Nur Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Bahan ajar berbasis mobile learning pada sistem komputer dengan metode contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMK/ Mahera Nur Sofiana

Sofiana, Mahera Nur (2022) Bahan ajar berbasis mobile learning pada sistem komputer dengan metode contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMK/ Mahera Nur Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran sistem komputer ini merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh peserta didik SMK baik dari paket keahlian Rekayasa Perangkat Lunak teknik komputer jaringan dan multimedia pada kelas X. Observasi yang telah dilakukan pada beberapa sekolah SMK di Malang dapat ditarik kesimpulan bahwa belum terdapat bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran dalam bentuk mobile yang dikembangkan sebagai suplemen pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer. Metode konvensional masih menjadi metode pembelajaran yang digunakan sehingga mempengaruhi tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami materi dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan.Oleh sebab itu untuk membantu dalam proses pembelajaran dikembangkan sebuah bahan ajar berbentuk mobile bermuatan materi sistem komputer yang digunakan sebagai suplemen dalam proses pembelajaran. Pembahasan materi dan evaluasi yang dimuat dalam bahan ajar ini dengan menggunakan metode contextual teaching and learning dan tugas yang disajikan dalam sebuah permasalahan yang dapat meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Model pengembangan untuk membangun bahan ajar ini menggunakan pengembangan Research amp Development (R amp D) model alessi amp trollip menurut langkah-langkah pengembangan bahan ajar model penelitian dan pengembangan ini cocok untuk digunakan. Tahapan dalam model alessi dan trollip ini memiliki tiga atribut pengembangan yaitu standar evaluasi berkelanjutan dan manajemen proyek. Di dalam atribut tersebut ada tiga tahapan yakni tahap perencanaan (planning) desain (design) dan pengembangan (development). Pengambilan data penelitian dengan angket yang sebelumnya telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya dilakukan uji kelayakan dengan metode User Experience Questinnaire (UEQ) pada peserta didik. Hasil Validasi angket yang diperoleh dari ahli materi memperoleh hasil sebesar 88 75% dengan keterangan ldquo Sangat Valid rdquo untuk validasi ahli media diperoleh hasil sebesar 92 86 dengan keterangan ldquo Sangat Valid rdquo untuk uji User Experience Questinnaire (UEQ) diperoleh hasil ldquo excellent rdquo dalam aspek ldquo Daya tarik rdquo ldquo Ketepatan rdquo rdquo stimulasi rdquo dan rdquo kebaruan rdquo kemudian untuk hasil kompirasi bernilai ldquo good rdquo untuk aspek ldquo kejelasan rdquo dan ldquo Efisiensi rdquo dan pada uji kemampuan problem solving peserta didik diperoleh hasil rata-rata sebesar 88 75% dengan keterangan ldquo Sangat Valid rdquo . Peningkatan kemampuan problem solving peserta didik dapat dilihat pada hasil dari posttest dan pretest yang mengalami kenaikan dari rata-rata 47 65 menjadi 84 23. Dari hasl penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa dengan adanya bahan ajar berbasis mobile terutama dengan menggunakan metode contextual teaching and learning yang diimplementasikan pada bahan ajar dapat secara efektif meningkatkan kemampan problem solving yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269515

Actions (login required)

View Item View Item