Efektivitas penggunaan google classroom dan class dojo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x multimedia di SMKN 7 Malang / Nanda Resta Ramadiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan google classroom dan class dojo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x multimedia di SMKN 7 Malang / Nanda Resta Ramadiani

Ramadiani, Nanda Resta (2022) Efektivitas penggunaan google classroom dan class dojo dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x multimedia di SMKN 7 Malang / Nanda Resta Ramadiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dampak pandemi mempengaruhi aktivitas pembelajaran. Aktivitas pembelajaran yang awalnya dilakukan secara luring diubah menjadi daring. Perubahan tersebut membuat pengajar harus memiliki keahlian di bidang teknologi untuk menggunakan media belajar yang kreatif. Pengajar dapat memanfaatkan teknologi e-learning sebagai penunjang proses pembelajaran online karena mudah dalam menyampaikan materi secara fleksibel tidak bergantung pada tempat dan waktu. Tujuan penelitian ini guna mengetahui (1) hasil belajar siswa kelas X Multimedia di SMKN 7 Malang melalui penggunaan Google Classroom dan Class Dojo dengan model discovery learning dan (2) efektivitas dan efisiensi penggunaan Google Classroom dan Class Dojo dengan model discovery learning pada siswa kelas X Multimedia di SMKN 7 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan metode kuantitatif dan kualitatif dan desain ldquo Pre-test Post-test Nonequivalent Control Group rdquo . Sampel penelitian mengambil siswa kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2 di SMKN 7 Malang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dengan melakukan wawancara pemberian perlakuan saat pembelajaran dan angket respon siswa. Hipotesis didapatkan dari data uji efisiensi dan uji efektivitas. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu (1) implementasi pembelajaran menggunakan Google Classroom dan Class Dojo dengan model discovery learning mengalami kenaikan pada hasil belajar dan (2) penggunaan Google Classroom dan Class Dojo dengan model discovery learning memberikan hasil yang efisien dan efektif jika digunakan untuk pembelajaran. Dilihat dari segi efisiensi dan efektivitas pembelajaran menggunakan Class Dojo dengan model discovery learning lebih efisien dan efektif dibandingkan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269514

Actions (login required)

View Item View Item