Pengembangan Website sumber belajar untuk meningkatkan programming skill pada pembelajaran pemrograman berorientasi objek bagi siswa Kelas XI SMK / Hafizh Arrozaq Baihaqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Website sumber belajar untuk meningkatkan programming skill pada pembelajaran pemrograman berorientasi objek bagi siswa Kelas XI SMK / Hafizh Arrozaq Baihaqi

Baihaqi, Hafizh Arrozaq (2022) Pengembangan Website sumber belajar untuk meningkatkan programming skill pada pembelajaran pemrograman berorientasi objek bagi siswa Kelas XI SMK / Hafizh Arrozaq Baihaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran PBO pada jenjang SMK kelas XI pada SMKN 8 Malang pembelajaran mata pelajaran PBO masih menggunakan sumber belajar konvensional berupa buku dan modul yang menyebabkan siswa mudah merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa berimbas pada rendahnya ketrampilan pemrograman siswa. Oleh karena itu untuk membantu siswa dalam meningkatkan ketrampilan pemrograman pengembang tertarik untuk mengembangkan sumber belajar website berbasis e-learning dapat mendukung siswa dalam belajar mandiri dalam mata pelajaran PBO. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan kelayakan sumber belajar berbasis website dan menganalisis tingkat programming skill siswa kelas XI SMK di Malang. Penelitian ini menggunakan metode iterasi dari Educational Design Research dengan tahapan meliputi 1) Analysis 2) Design amp Prototype dan 3) Evaluation. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi selanjutnya dilakukan uji coba usabilitas siswa menggunakan Webqual dan menguji tingkat programming skill siswa. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti meliputi (1) Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 86.9% dengan kriteria rdquo Sangat Valid rdquo dan validasi ahli materi memperoleh persentase 97.2% dengan kategori rdquo Sangat Valid rdquo (2) Pada uji coba kelompok kecil uji usabilitas Webqual mendapatkan hasil persentase 71.7% dengan kategori ldquo Valid rdquo dan uji peningkatan pemrograman skill mendapatkan 0.39 dengan kategori ldquo Sedang rdquo (2) Pada uji coba kelompok besar uji usabilitas Webqual mendapatkan hasil 85.5% dengan kategori ldquo Sangat Valid rdquo Uji peningkatan programming skill yang diikuti oleh siswa kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang mendapatkan nilai 0.34 pada kelompok kecil dan 0.39 pada kelompok besar dengan kedua pengujian tersebut memiliki kategori ldquo Sedang rdquo . Dari kedua hasil ini bisa ditarik kesimpulan bahwa sarana belajar Classmate mampu menambah ketrampilan pemograman siwa terutama dalam mapel PBO dikelas XI. Hal ini bisa dicapai dikarenakan fitur-fitur yang disediakan oleh website classmate menunjang siswa dalam mempermudah belajar pemograman khususnya pada mata pelajaran PBO. Disamping hal tersebut website classmate ini dapat diakses menggunakan perangkat desktop / smartphone yang membuat siswa dapat belajar dan melakukan kegiatan pemograman kapanpun dan dimanapun Hal ini membuat website classmate dapat menunjang pembelajaran siswa baik luring maupun daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269513

Actions (login required)

View Item View Item