Pengembangan e-Learning berbasis gamifikasi pada mata pelajaran Basis Data untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK / Luluk Iwanatul Bariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-Learning berbasis gamifikasi pada mata pelajaran Basis Data untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK / Luluk Iwanatul Bariroh

Bariroh, Luluk Iwanatul (2022) Pengembangan e-Learning berbasis gamifikasi pada mata pelajaran Basis Data untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak di SMK / Luluk Iwanatul Bariroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penurunan motivasi belajar memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pemahaman materi dan hasil belajar siswa. Observasi wawancara dan kajian literatur di SMK Negeri 2 Malang SMK Negeri 8 Malang dan SMK National Media Center Malang mendapatkan hasil (1) Dari 37 siswa hanya 10-15 siswa yang mengikuti pembelajaran sinkron menunjukkan terjadinya penurunan tingkat kehadiran dan partisipasi siswa. (2) Terjadi penurunan motivasi dan prestasi belajar siswa (3) Ditemukan kendala pada kegiatan praktikum karena tidak semua siswa memiliki laptop. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan e-learning untuk siswa SMK kelas XI RPL pada mata pelajaran basis data mendeskripsikan tingkat kelayakan e-learning berbasis gamifikasi dan menganalisis motivasi belajar siswa berdasarkan efek implementasi konsep gamifikasi pada e-learning. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan SAM 1 melalui tiga tahapan berulang yaitu evaluate design dan develop. Evaluasi dilaksanakan melalui tahapan alpha testing oleh validator dan beta testing oleh siswa. Jenis data terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil alpha testing yaitu (1) Validasi materi termasuk sangat valid dengan persentase sebesar 89 06%. (2) Validasi media termasuk sangat valid dengan persentase sebesar 92 26%. Sebanyak 45 siswa kelas XI RPL SMK Negeri 8 Malang berpartisipasi pada beta testing dan mendapatkan persentase sebesar 81 3% dengan kriteria sangat valid. Implementasi elemen gamifikasi meliputi poin XP level lencana papan peringkat tantangan avatar profil dan umpan balik. Uji motivasi belajar siswa menghasilkan persentase motivasi belajar sebesar 81 04% dengan kriteria motivasi sangat tinggi yang menunjukkan adanya efek implementasi gamifikasi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Produk e-learning sudah diuji kelayakannya oleh ahli materi ahli media dan siswa. Oleh karena itu produk e-learning layak dan dapat dimanfaatkan sebagai media pendukung kegiatan belajar pada mata pelajaran basis data di SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269512

Actions (login required)

View Item View Item