Pengembangan game edukasi berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas x program keahlian TKJ di SMKN 3 Malang / Dede Ahmad Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas x program keahlian TKJ di SMKN 3 Malang / Dede Ahmad Maulana

Maulana, Dede Ahmad (2022) Pengembangan game edukasi berbasis mobile sebagai media pendukung pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk kelas x program keahlian TKJ di SMKN 3 Malang / Dede Ahmad Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang sangat pesat akhir-akhir ini terutama dalam sektor perangkat mobile yang salah satunya adalah smartphone. Smartphone merupakan evolusi dari telepon seluler yang awal kemunculannya hanya digunakan untuk komunikasi kini telah berkembang dan memiliki fungsi yang sedemikian rupa dan menjadi kebutuhan dalam berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan smartphone dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media untuk menyampaikan informasi atau materi dalam pembelajaran salah satunya dalam bentuk game. Berdasarakan observasi yang telah dilakukan proses pembelajaran pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada kelas X TKJ di SMKN 3 Malang masih menggunakan papan tulis dan slide presentasi saja dimana dengan metode tersebut sebanyak 62 5% siswa mengaku bosan dan menginginkan sebuah media baru yang lebih menarik. Dari hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa semua siswa telah memiliki smartphone dan para siswa tersebut juga memiliki kegemaran yang mayoritas sama yaitu bermain game mobile. Hal tersebut menjadi latar belakang peneliti untuk mengajukan penelitian dengan judul ldquo Pengembangan Game Edukasi Berbasis Mobile Sebagai Media Pendukung Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian TKJ Di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian tersebut bertujuan untuk merancang mengambangkan dan menguji kelayakan game tersebut pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yang meliputi (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Uji kelayakan dilakukan kepada siswa kelas X TKJ yang sedang menempuh mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media diperoleh data validitas sebesar 92 31% dari ahli materi dan 92 50% dari ahli media. Dari hasil tersebut produk game edukasi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak untuk diuji cobakan. Pada uji coba produk yang dilakukan pada siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang uji coba dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 15 siswa kelas X TKJ dengan diperoleh data sebesar 87 11%. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar dilakukan pada 32 siswa kelas X TKJ dengan diperoleh skor 86 18%. Berdasarkan data hasil uji coba yang telah dilakukan maka produk game edukasi yang dikembangkan masuk dalam kategori yang sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269509

Actions (login required)

View Item View Item