Pocketbook sebagai sumber belajar dasar desain grafis untuk menumbuhkan minat belajar siswa jurusan multimedia di SMK / Lifera Miftahul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pocketbook sebagai sumber belajar dasar desain grafis untuk menumbuhkan minat belajar siswa jurusan multimedia di SMK / Lifera Miftahul Jannah

Jannah, Lifera Miftahul (2022) Pocketbook sebagai sumber belajar dasar desain grafis untuk menumbuhkan minat belajar siswa jurusan multimedia di SMK / Lifera Miftahul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan aspek utama untuk menciptakan masyarakat dengan sumber daya yang unggul. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan diperlkan sumber belajar yang memudahkan pengajar atau guru untuk menyampaikan kompetensi dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Sehingga akan berdampak pada kualitas pendidikan dan peserta didik. Selama pandemi covid-19 kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran dasar desain grafis dilakukan secara online dengan guru membagikan jobsheet dan video yang memiliki durasi yang panjang. Salah satu cara meningkatkan minat belajar adalah dengan mengembangkan sumber belajar yang menarik. Sumber belajar berupa buku teks dapat dikembangkan menjadi lebih ringkas padat dan jelas seperti buku saku atau pocketbook. Selain itu media visual dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman kompetensi pada peserta didik. Oleh karena itu diperlukan suatu pengembangan sumber belajar berupa buku saku atau pocketbook yang terintegrasi dengan aplikasi berbasis android yang menarik dan memadai. Peserta didik dapat meningkatkan minat belajar dengan menggunakan produk selama pandemi covid-19 maupun dalam pembelajaran offline. Sehingga peserta didik mampu mancapai kompetensi yang harus dipenuhi dalam mata pelajaran dasar desain grafis. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merancang mengembangkan dan menguji kelayakan pocketbook sebagai sumber belajar mata pelajaran dasar desain grafis serta mengukur minat belajar siswa ketika menggunakan produk yang dikembangkan. Pengembangan pocketbook sebagai sumber belajar ini dilakukan dengan menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu 1) define 2) design 3) development dan 4) disseminate. Model ini dipilih karena model 4D lebih sederhana dan sistematis untuk diterapkan pada pengembangan bahan ajar atau sumber belajar. Spesifikasi pocketbook yang akan dikembangkan terdapat buku saku yang memuat materi yang ringkas dan terdapat QR Code di dalamnya yang dapat diakses di aplikasi berbasis android. Di dalam aolikasi tersebut terdapat materi yang lebih lengkap dan terdapat video yang singkat dan runtut untuk menunjang pemahaman peserta didik dalam memahami materi. Materi yang disajikan berupa teks gambar dan video di dalamnya. Selain itu terdapat kuis dan tugas praktikum sebagai evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran. Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini telah melalui validasi kepada ahli materi dan ahli media serta diujikan kepada siswa kelas XI yang telah menyelesai kan mata pelajaran dasar desain grafis jurusan multimedia di SMK. Hasil validasi dan uji coba dari pengembangan ini adalah sebagai berikut 1) Validasi oleh ahli materi memperoleh nilai persentase 98 75% dengan kategori sangat layak 2) Validasi oleh ahli media memperoleh nilai persentase 93% dengan kategori sangat layak 3) Uji coba kelompok kecil memperoleh nilai persentase 87 05% dengan kategori sangat layak 4) Uji coba kelompok besar memperoleh nilai persentase 92 12% dengan kategori sangat layak dan 5) Minat belajar siswa memiliki nilai persentase 90 63% dengan kategori minat belajar sangat baik. Sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pocketbook sebagai sumber belajar layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran dasar desain grafis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269504

Actions (login required)

View Item View Item