Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran probing-prompting dengan model pembelajaran discovery learning di SMK N 1 Kademangan / Helda Prastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran probing-prompting dengan model pembelajaran discovery learning di SMK N 1 Kademangan / Helda Prastuti

Prastuti, Helda (2022) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran probing-prompting dengan model pembelajaran discovery learning di SMK N 1 Kademangan / Helda Prastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada awal tahun 2020 terjadi sebuah pandemi yang terjadi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Pandemi tersebut dinamakan COVID-19 dimana pandemi tersebut berefek pada kegiatan pendidikan dimasa saat ini karena semua kegiatan yang berhubungan dengan perkumpulan harus dibatasi dan dihindari. Karena adanya pandemi ini kegiatan pelajaran di sekolah menjadi daring dengan berbantuan media pembelajaran online karena sekolah secara tatap muka ditiadakan. Penelitian ini menggunakan bahan ajar DDG kelas X dengan menerapkan dua model pembelajaran yakni Probing-prompting serta Discovery.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur deskripsi rerata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Probing- Prompting dan Discovery mengetahui perbedaan signifikan atas pencapaian dan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran Probing- Prompting dan Discovery. Penelitian ini berjenis pra-ekperimen dengan desain one-group pretest-posttest memberikan pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Penelitian ini menggunakan Alat ukur perlakuan berupa RPP bahan ajar dan Alat ukur pengukuran yang berupa soal PG untuk mengukur hasil belajar siswa. Berikut adalah Hasil Penelitian yang dilakukan peneliti (1) Penerapan model pembelajaran pembelajaran discovery learning dan probing prompting memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil prestasi belajar dimana siswa mendapatkan hasil rerata dalam keteogri baik (2) Penerapan discovery learning dan probing prompting berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yaitu siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran dan dari data Penelitian menunjukan penanda ketercapaian motivasi belajar siswa mendapat kategori baik (3) Penerapan model Probing Prompting mempunyai signifikansi cenderung lebih unggul dikarenakan dalam pemecahan masalah siswa sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup terhadap materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269501

Actions (login required)

View Item View Item