Hubungan motivasi belajar mata kuliah metodologi penelitian dan minat baca terhadap kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Inabatul Ashfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar mata kuliah metodologi penelitian dan minat baca terhadap kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Inabatul Ashfa

Ashfa, Inabatul (2022) Hubungan motivasi belajar mata kuliah metodologi penelitian dan minat baca terhadap kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa jurusan teknik elektro Universitas Negeri Malang / Inabatul Ashfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karya ilmiah sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan dan penelitian. Dunia pendidikan terutama pada perguruan tinggi mahasiswa dituntut untuk banyak membaca dan dilatih untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah seperti membuat laporan praktikum penelitian makalah skripsi tesis disertasi dan jurnal ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan Motivasi Belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa (2) Hubungan Minat Baca dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa (3) Hubungan Motivasi Belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan rancangan korelasional yang bersifat ex post facto. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2017 dengan jumlah 138 mahasiswa. Data yang diperoleh diuji dengan uji korelasi parsial dan uji hipotesis untuk mengungkap hubungan antara variabel bebas maupun variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Untuk mengukur nilai variabel (X1) (X2) dan variabel terikat (Y) menggunakan instrument penilaian berupa angket. Hasil penelitian (1) Y dikategorikan cukup/sedang sebesar 41 3% (2) X1 dikategorikan tinggi sebesar 68 1% (3) X2 dikategorikan tinggi sebesar 52 9% (4) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dengan Y (5) ada hubungan positif dan signifikan antara X2 dengan Y (6) ada hubungan positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dengan kemampuan menulis karya ilmiah (2) ada hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan kemampuan menulis karya ilmiah (3) ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan minat baca secara simultan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269451

Actions (login required)

View Item View Item