Perbedaan hasil belajar antara gaya kognitif field independent dan field dependent pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Achmad Sandhika Fitrah Tulghaib - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar antara gaya kognitif field independent dan field dependent pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Achmad Sandhika Fitrah Tulghaib

Tulghaib, Achmad Sandhika Fitrah (2022) Perbedaan hasil belajar antara gaya kognitif field independent dan field dependent pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Achmad Sandhika Fitrah Tulghaib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh temuan awal di kalangan mahasiswa program studi Pendidikan teknik bangunan (PTB) yang menunjukkan bahwa nilai akhir mata kuliah eksakta atau IPS menunjukkan perbedaan antara hasil belajar rendah dan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar mahasiswa PTB dengan menggunakan evaluasi gaya kognitif Field Independen (FI) dan Field Dependen (FD). Penelitian ini diharapkan dapat menilai pencapaian hasil belajar salah satu gaya kognitif yang cocok untuk perkuliahan mata kuliah Pendidikan teknik bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif komparatif. Penentuan hasil belajar mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 sebagai populasi dan pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket bergaya kognitif dan dokumentasi. Setelah penyebaran angket akan ditentukan kecenderungan mahasiswa terhadap kelompok gaya kognitif FIatau kelompok gaya kognitif FD. Hasil belajar kemudian ditentukan menggunakan SPSS versi 22 dengan menganalisis skor dua kelompok gaya kognitif. Dalam penelitian ditemukan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa program studi PTB dengan kecenderungan gaya kognitif FI berada lebih tinggi dari gaya kognitif FD. Uji Independent sample t-test pada kolom t-test memperoleh data sig (2-tailed) untuk hasil belajar mata kuliah kelompok teknik yaitu mata kuliah Konstruksi beton dan Estimasi biaya bangunan (RAB) sebesar 0.004 lt 0.05 dan 0.024 lt 0.05. Pada kolom t-test didapat sig (2-tailed) untuk hasil belajar mata kuliah kelompok sosial yaitu mata kuliah Pendidikan Pembelajaran Mikro sebesar angka 0.666 gt 0.05. Pada kolom t-test untuk hasil belajar rata-rata dari mata kuliah kelompok teknik dan mata kuliah kelompok sosial didapatkan nilai sig 0.000 lt 0.05. sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan untuk kelompok mata kuliah teknik sedangkan untuk kelompok mata kuliah kependidikan atau sosial disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Jan 2023 07:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269322

Actions (login required)

View Item View Item