Fajar, Ilham Fakhrul Fajar (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis google sites pada materi pelaksanaan pekerjaan konstruksi untuk siswa smk kelas x dpib / Ilham Fakhrul Fajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dewasa ini memiliki pengaruh besar pada kehidupan manusia. Bidang pendidikan juga melakukan inovasi untuk mengikuti perkembangan teknologi yaitu dengan memanfaatkan penggunaan media internet dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana pendidikan yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawncara pada siswa dan guru di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung pada kelas X DPIB ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran diantaranya kurangnya inovasi penerapan media pembelajaran yang efektif dan efisien serta variasi dalam pembelajaran menjadikan siswa kesulitan memahami materi selain itu kurangnya fokus siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru berdampak pada prestasi belajar sebagian besar siswa memperoleh hasil nilai yang belum memenuhi KKM. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan dalam penelitian dan pengembangan ini memberikan alternatif solusi berupa produk media pembelajaran dengan memanfaatkan websites google sites yang layak dan praktis digunakan menurut ahli materi ahli media dan pengguna untuk membantu mempelajari materi pelaksanaan pekerjaan konstruksi di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang secara umum terdiri dari 5 tahapan yaitu 1) Analyze/Analisis 2) Design/Perancangan 3)Development/Pengembangan 4) Implementation/ Im- plementasi dan 5) Evaluation/Evaluasi. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangakan dalam penelitian ini dilakukan validasi kepada ahli materi ahli media dan pengguna yaitu siswa. Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan dihasilkan produk media pembelajaran berbasis google sites pada materi pelaksanaan pekerjaan konstruksi untuk siswa kelas X DPIB SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Dari validasi produk media pembelajaran oleh ahli diperoleh hasil sebagai berikut (1) Validasi materi diperoleh 94 3% (2) Validasi media diperoleh 94 5% (3) Validasi pengguna (siswa) diperoleh 89 4%. Selain itu dari hasil evaluasi berupa tes setelah penggunaan media pembelajaran diperoleh hasil nilai rata-rata siswa 80 25. Dengan hal ini disimpulkan bahwa produk media pembelajaran yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 00:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269309 |
Actions (login required)
View Item |