Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri , dan minat terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik bangunan angkatan 2018 universitas negeri malang / Argani Lituhayu Aji Kinasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri , dan minat terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik bangunan angkatan 2018 universitas negeri malang / Argani Lituhayu Aji Kinasih

Kinasih, Argani Lituhayu Aji Kinasih (2022) Pengaruh lingkungan keluarga, efikasi diri , dan minat terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa pendidikan teknik bangunan angkatan 2018 universitas negeri malang / Argani Lituhayu Aji Kinasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinasih Argani Lituhayu Aji. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga Efikasi Diri dan Minat Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Lingkungan Keluarga Efikasi Diri Minat Kesiapan Menjadi Guru. Dalam usaha memperbaiki kualitas sumber daya manusia pada pendidikan pastinya dibutuhkan tenaga pengajar atau guru yang berkualitas. Sebelum menjadi guru tentunya seorang guru harus mempunyai kesiapan dalam mengajar yang matang. Menurut penelitian terdahulu kesiapan menjadi guru pada mahasiswa dipengaruhi 2 faktor yakni faktor yang muncul dari dalam diri seperti minat serta faktor dari luar diri seperti efikasi diri dan lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilaksanakan peneliti pada 42 mahasiswa terlihat masih terdapat mahasiswa yang tidak memperoleh dukungan dari keluarga untuk berprofesi sebagai guru merasa tidak percaya diri dengan kemampuan mengajar serta belum memiliki minat untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan keluarga efikasi diri serta minat secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Responden dalam penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 83 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini memakai angket. Teknik menganalisis data memakai media bantu program software SPSS statistics 25 untuk menguji uji asumsi klasik (uji normalitas uji linearitas uji homoskedastisitas uji multikolinearitas) serta untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pada penelitian ini memakai uji analisis jalur. Pada penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru. Ada pengaruh signifikan secara langsung maupun tidak langsung efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru. Ada pengaruh signifikan secara langsung minat terhadap kesiapan menjadi guru. Dalam hal ini bisa ditarik kesimpulan jika lingkungan keluarga efikasi diri serta minat memiliki pengaruh yang signifikan secara langsung ataupun tidak langsung terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269303

Actions (login required)

View Item View Item