Pengembangan bahan ajar berbasis e-module kvisoft flipbook maker materi konstruksi jalan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan kelas xi SMKN 2 Probolinggo / Meylani Puteri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis e-module kvisoft flipbook maker materi konstruksi jalan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan kelas xi SMKN 2 Probolinggo / Meylani Puteri

Puteri, Meylani (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis e-module kvisoft flipbook maker materi konstruksi jalan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan kelas xi SMKN 2 Probolinggo / Meylani Puteri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puteri Meylani. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Module Kvisoft Flipbook Maker Materi Konstruksi Jalan pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI SMKN 2 Probolinggo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata Kunci E-module Kvisoft Flipbook Maker ADDIE Kelayakan Konstruksi Jalan Perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam hal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar akibat sempat adanya pandemi virus Covid-19 menyebabkan pelaksanaan proses pembelajaran menjadi kurang stabil. Di masa tersebut SMKN 2 Probolinggo tidak menyediakan bahan ajar atau buku pegangan untuk siswa sehingga perlu adanya inovasi yang layak digunakan sebagai penunjang belajar siswa. Adanya pengembangan e-module dapat dimanfaatkan sebagai penunjang dan pegangan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module atau modul elektronik berbasis aplikasi kvisoft flipbook maker materi Konstruksi jalan pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XI yang dapat digunakan baik secara daring maupun luring serta menganalisis kelayakan e-module sebagai media yang akan digunakan untuk penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R amp D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE merupakan model pengembangan dengan lima tahap yaitu Analysis Design Development Implementation Evaluation dengan pendekatan kuantitatif. Guna menguji kelayakan e-module perlu adanya validasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media yang masing masing berjumlah satu orang serta 31 siswa sebagai responden uji coba lapangan. Untuk mengetahui tingkat kelayakan oleh validator meggunakan kuesioner dan untuk mengetahui kesesuaian dari responden menggunaian angket. Hasil dari penelitian pengembangan e-module konstruksi jalan yang dikembangkan yaitu sangat valid dengan hasil dari validator materi sebesar 90 78% dengan kategori sangat layak hasil dari validator media sebesar 95 83% dengan kategori sangat layak dan hasil dari responden siswa pada uji lapangan sebesar 87 71% dengan kategori sangat layak. Hasil uji Kelayakan e-module sebesar 3 61 oleh ahli materi dan 3 82 oleh ahli media dengan keriteria sangat valid dan layak untuk digunakan sebagai penunjang belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269302

Actions (login required)

View Item View Item