Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Self-Management Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan / Arini Nurjanna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Self-Management Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan / Arini Nurjanna

Nurjanna, Arini (2022) Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Self-Management Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan / Arini Nurjanna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar adalah cara untuk mengetahui potensi yang dimiliki siswadalam menerima suatu pelajaran. Keberhasilan dalam pembelajaran adalah haldasar dari proses belajar mengajar karena memberikan gambaran bagi guru untukmengetahui potensi yang dimiliki oleh siswanya. Berdasarkan hasil penelitianterdahulu prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran produktif (teori danpraktikum) cenderung rendah. Terdapat dua faktor yang memberikan pengaruhprestasi belajar siswa menjadi rendah yaitu faktor dari luar diri seperti intensitaspenggunaan media sosial dan faktor dari dalam diri seperti self-management siswa.Penggunaan media sosial yang terlalu intens membuat siswa kurang disiplinterhadap waktu dan kompetensi self-management yang baik mampu mengurangikecanduan siswa dalam penggunaan media sosial. Maksud dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan selfmanagement berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.Penelitian ini terdiri dari jenis penelitian deskriptif kuantitatif dankorelasional pada siswa SMK Negeri 1 Mojokerto kelas XI. Penelitian ini memilikijumlah sampel 60 siswa dengan mengambil sampel secara acak. Metodepengumpulan data dalam penelitian ini memakai angket dan dokumentasi. Teknikanalisis data memakai bantuan program SPSS versi 25 untuk uji prasyarat (ujinormalitas residual uji linearitas uji homoskedastisitas) dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa intensitas penggunaan mediasosial siswa SMK Negeri 1 Mojokerto kelas XI tergolong dalam kategori tinggi dengan penggunaan sosial media paling besar digunakan adalah untuk mediahiburan yaitu sebesar 62% dan untuk belajar hanya sebesar 38% dengan rata-rataskor total adalah 62 04. Self-management siswa tergolong dalam kategori baik dengan pengaturan diri merupakan self-management siswa paling baik yangdimiliki dibuktikan dengan hasil rata-rata skor sebesar 73 59. Intensitaspenggunaan media sosial memiliki nilai sig 0 004 lt 0 05 sehingga mempunyaipengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai ( ) b1 -0 641 maka jika intensitas penggunaan media sosial siswa meningkat maka prestasibelajar siswa menjadi menurun. Self-management memiliki nilai sig 0 043 lt 0 05 sehingga mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai ( ) b2 0 371 maka jika Self-management siswa meningkat makaprestasi belajar siswa juga menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269300

Actions (login required)

View Item View Item