Pengembangan e-modul berbasis flip pdf dengan model guided inquiry pada mata pelajaran earsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar) / Ernawati

Ernawati (2018) Pengembangan e-modul berbasis flip pdf dengan model guided inquiry pada mata pelajaran earsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar) / Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ernawati. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Flip PDF dengan Model Guided Inquiry Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd. Kata Kunci: E-modul, flip PDF,Guided Inquiry, Kearsipan, Hasil Belajar Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa e-modul yang merupakan bahan ajar elektronik yang dirancang menggunakan software atau aplikasi flip PDF. Pengembangan e-modul sangat diperlukan karena di SMKNegeri 2 Blitar belum memiliki bahan ajar berupa e-modul dan hasil belajar peserta didik ranah kognitif maupun ranah psikomotorik yang belum maksimal pada mata pelajaran Kearsipan, maka dibutuhkan bahan ajar yang disusun secara sistematis, komunikatif, dan interaktif yaitu berupa e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquiry. Penelitian bertujuan untuk: (1)menghasilkan produk berupa e-modul atau modul elektronik berbasis flip PDF dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan kelas X untuk peserta didik SMKN 2 Blitar kelas X OTKP semester genap, (2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan kelas X untuk peserta didik SMKN 2 Blitar kelas X OTKP semester genap melalui validasi ahli,dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inqury dan kelas yang tidak menggunakan e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 2 Blitar kelas X kompetensi keahianOtomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg & Gall yang diadaptasi hanya menjadi delapanlangkah penelitian. Untuk mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat, peneliti menggunakan angket ahli materi, angket ahli e-modul, angket uji coba lapangan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) produk berupa e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan, (2) hasil validasi materi menunjukan hasil sebesar 99,1 %, ahli e-modul sebesar 91,4% dan uji coba lapangan terbatas sebesar 95,1%. Berdasarkan data yang di peroleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid/layak untuk digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran,dan (3)Rata-rata hasil belajar segi kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar. Saran pemanfaatan e-modul berbasis flip PDF dengan model guided inquirybagi peserta didik yaitu: (1) Peserta didik disarankan untuk membaca dan mengikuti petunjuk e-modul karena saat proses pembelajaran guru hanya sebagai fasilitator, (2) peserta didik dapat menanyakan kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Saran pemanfaatan e-modul pembelajaran bagi guru yaitu: (1) Guru disarankan untuk menggunakan e-modul berbasis flip pdf dengan model guided inquiry pada mata pelajaran Kearsipan pegangan guru dalam proses pembelajaran, (2) sebaiknya guru dapat menguasai kelas agar mampu mengarahkan peserta didik untuk mempelajari e-modul. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan e-modul pembelajaran adalah e-modul juga perlu dilakukan pembaharuan supaya e-modul bisa dibuka atau digunakan di smartphone tanpa ada kendala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26930

Actions (login required)

View Item View Item