Keefektifan paket pelatihan keterampilan self-disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Mega Ika Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan paket pelatihan keterampilan self-disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Mega Ika Mariana

Mariana, Mega Ika (2010) Keefektifan paket pelatihan keterampilan self-disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa SMP / Mega Ika Mariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Self-disclosure konsep diri. Dalam pelaksanaan BK di sekolah saat ini masih banyak persoalan yang dihadapi berkaitan dengan self-disclosure siswa misalnya enggannya siswa untuk datang ke ruang BK guna mengungkap masalah yang dihadapinya hal ini dipicu oleh ketidakterbukaan diri siswa dalam berbagai permasalahan yang dihadapi di samping itu siswa masih kurang mampu berhubungan antarpribadi khususnya keterbukaan diri. Untuk dapat membuka diri sebelumnya individu harus memahami diri sendiri yaitu menyadari dan memahami perasaannya siapa dirinya kualitas diri harapan-harapan dan pengembangan sikap terhadap dirinya sendiri. Pengetahuan dan sikap tersebut dikenal dengan konsep diri (self concept). Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan paket pelatihan keterampilan self-disclosure untuk meningkatkan konsep diri siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest control design. Subyek yang dijadikan sampel penelitian adalah siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun kelas VII sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala Keterampilan Self-Disclosure dan skala Konsep Diri dengan menggunakan model penskalaan Likert. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil pre-test skala konsep diri kelas eksperimen dan rata-rata hasil post-test skala konsep diri kelas eksperimen adalah berbeda secara signifikan. Rata-rata hasil post-test skala konsep diri kelas eksperimen (112.09) lebih tinggi daripada rata-rata hasil pre-test skala konsep diri kelas eksperimen (98.25). Dapat disimpulkan bahwa kedua rata-rata populasi adalah tidak identik karena nilai Sig. (0 000) 8804 0 05 dan thitung (-5.313) 8805 ttabel (1 998). Hal ini dapat disimpulkan bahwa paket keterampilan self-disclosure efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa SMPN 2 Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan remaja dapat mengungkapkan dengan baik mengenai dirinya sendiri dapat mengontrol emosi terhadap segala perilakunya dapat meningkatkan keakraban yang dilandasi kepercayaan dan kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item