Pengembangan E-Modul Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan untuk SMK Berbasis Project Based Learning / Eviola Sukma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Modul Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan untuk SMK Berbasis Project Based Learning / Eviola Sukma Putri

Putri, Eviola Sukma (2022) Pengembangan E-Modul Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan untuk SMK Berbasis Project Based Learning / Eviola Sukma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi memberikan pengaruh positif terhadap pelaksanaan pembelajaran yaitu digitalisasi pendidikan. Demikian dengan SMK Negeri 6 Malang namun terdapat permasalahan dalam ketersediaan bahan ajar elektronik solusi tersebut ialah e-modul. Untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan agar menarik karena hanya dilaksanakan jarak jauh sehingga akan muncul rasa bosan pada siswa maka model pembelajaran Project Based Learning dapat menjadi salah satu alternatif. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengembangan e-modul untuk mempermudah pembelajaran dalam jaringan. Adanya penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-modul mata pelajaran Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan berbasis Project Based Learning dengan menggunakan aplikasi FlipBuilder (2) menguji kevalidan e-modul hasil pengembangan. Penelitian ini berupa pengembangan menggunakan model Sugiyono (2017) yang disederhanakan menjadi 4 tahapan yaitu pengumpulan data desain produk validasi produk dan revisi produk. Penelitian kuantitatif deskriptif adalah jenis penelitian yang digunakan. Produk divalidasi oleh seorang ahli media yaitu dosen Jurusan Teknik Sipil UM seorang ahli materi yaitu guru SMK Negeri 6 Malang yang mengampu mata pelajaran Teknik Pelaksanaan Pengawasan Pekerjaan Jalan dan 9 orang siswa kelas XI SMK Negeri 6 Malang Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Didapatkan hasil dari pengembangan yaitu (1) hasil validasi materi dengan kategori sangat valid ditunjukkan pada aspek kelayakan isi sebesar 91 67% dan untuk aspek kelayakan penyajian adalah 88 64% (2) hasil validasi media dengan kategori sangat valid terlihat pada aspek desain cover modul adalah sebesar 86 36% aspek media adalah sebesar 93 75% dan aspek desain isi modul adalah sebesar 88 64% (3) hasil responden siswa terhadap penggunaan produk dengan kategori sangat valid ditunjukkan pada aspek materi adalah sebesar 90 04% aspek media adalah sebesar 92 60% dan aspek bahasa adalah sebesar 91 67%. Berdasarkan hasil penelitian maka e-modul Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan berbasis Project Based Learning dapat digunakan untuk sumber belajar bagi siswa kelas XI Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269299

Actions (login required)

View Item View Item