Aprillian, Rana Khris (2022) Pengaruh faktor kepribadian mahasiswa, persepsi profesi dan kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Rana Khris Aprillian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Minat menjadi guru ialah ketertarikan individu berupa penerimaan diri terhadap profesi guru. Minat mendorong seseorang untuk senang dan tertarik pada suatu profesi sehingga memberikan perhatian lebih muncul keinginan untuk mendalami dan menekuni serta melakukan pekerjaan tersebut sepenuh hati. Penelitian ini mengukur tingkat minat mahasiswa berprofesi guru melalui faktor kepribadian mahasiswa persepsi profesi dan kesejahteraan guru. Penelitian ini ialah jenis penelitian korelasional kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang aktif berjumlah 516 orang. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel penelitian 226 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diuji instrumen (validitas dan reliabilitas) terhadap 30 responden diluar sampel. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan ketentuan lolos uji parasyarat analisis (uji asumsi klasik) untuk analisis regresi. Penelitian ini memberikan hasil (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepribadian mahasiswa terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 019 serta memberi kontribusi secara parsial sebesar 2 5% (2) Tidak ada pengaruh signifikan antara variabel persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 145 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kesejahteraan profesi guru terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 00 serta kontribusi secara parsial sebesar 5 52% (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi profesi guru kepribadian dan kesejahteraan profesi guru secara simultan terhadap minat menjadi guru dengan nilai signifikansi 0 00 dan besar pengaruh variabel bebas pada variabel ikat secara simultan sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 03:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |