Evaluasi program pembelajaran daring pada kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Kediri / Linda Nur Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran daring pada kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Kediri / Linda Nur Safitri

Safitri, Linda Nur (2022) Evaluasi program pembelajaran daring pada kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 1 Kediri / Linda Nur Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan ndash permasalahan yang muncul saat pembelajaran daring. Perubahan sistem belajar mengajar secara langsung menjadi pembelajaran tidak langsung menimbulkan beberapa permasalahan. Guru tidak melakukan pembelajaran sesuai dengan jam pembelajaran sehingga siswa cenderung tidak mendapatkan pembelajaran secara tuntas. Siswa juga kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di tunjukkan dari banyaknya siswa yang telat dalam pengumpulan tugas. Bahkan terdapat beberapa siswa yang tidak mengumpulkan tugas. Hasil dari penugasan siswa juga menunjukkan bahwa siswa kurang memahami pelajaran yang disampaikan. Dikhawatirkan siswa tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Maka dari itu perlu adanya evaluasi untuk mengetahui kualitas dan efektifitas pembelajaran agar kedepannya pembelajaran bisa dilaksanakan secara maksimal. Terlebih lagi dalam pembelajaran di SMK dimana peserta didik tidak hanya harus pandai dalam pengetahuan namun juga dapat memiliki keterampilan yang memdahi untuk masuk ke dunia industri. Penelitian evaluatif ini menggunakan model CIPP (context input proses and product). Responden dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI KKDPIB SMK Negeri 1 Kediri sebanyak 72 siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitif. Teknik ini bertujuan untuk mengetahui nilai variabel tanpa membuat perbandingan dan memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data populasi. Hasil dari analisis data kemudian akan di interpretasikan sesuai dengan tabel kriteria penilaian dan pemaknaan evaluasi. Dengan menggunakan analisis data seperti ini maka kualitas dari setiap aspek yang diteliti dapat diketahui. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas context pembelajaran daring di KKDPIB SMK Negeri 1 Kediri mendapatkan nilai rata ndash rata 79 12 dan masuk kedalam kategori ldquo Baik rdquo . Kualitas input pembelajaran daring di KKDPIB SMK Negeri 1 Kediri mendapatkan nilai rata ndash rata 72 22 dan masuk kedalam kategori ldquo Baik rdquo . Kualitas process pembelajaran daring di KKDPIB SMK Negeri 1 Kediri mendapatkan nilai rata ndash rata 68 49 dan masuk kedalam kategori ldquo Baik rdquo . Kualitas product pembelajaran daring di KKDPIBB SMK Negeri 1 Kediri mendapatkan nilai rata ndash rata 78 01 dan masuk kedalam kategori ldquo Baik rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269294

Actions (login required)

View Item View Item