Perbedaan model pembelajaran flipped classroom dengan konvensional terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar spesifikasi jembatan siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Riko Ade Sanjaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran flipped classroom dengan konvensional terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar spesifikasi jembatan siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Riko Ade Sanjaya

Sanjaya, Riko Ade (2022) Perbedaan model pembelajaran flipped classroom dengan konvensional terhadap hasil belajar pada kompetensi dasar spesifikasi jembatan siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Riko Ade Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Flipped classroom sering disebut kelas yang dibalik. Konsep dari Flipped Classrom itu sendiri yaitu aktivitas belajar yang dilakukan dikelas juga dapat dipelajari di rumah dan apa yang dikerjakan di rumah dapat dilakukan dikelas. Pembelajaran ini juga bisa dikatakan sebagai pembelajaran yang fleksibel karena bisa dilaksanakan secara tatap muka maupun jarak jauh (daring). Sedangkan pembelajaran konvensional merupakan model pembelajaran tradisional atau disebut juga dengan metode ceramah metode ini menggunakan alat komunikasi lisan antara guru dengan siswa dalam proses belajar dan pembelajaran. Di SMKN 1 Singosari model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional namun dalam pelakasanaannya mengalami kendala yaitu penurunan hasil belajar siswa khusunya pada kompetensi keahlian spesfikasi jembatan kelas XI DPIB. Dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian ini guna untuk mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa jurusan DPIB. Maka berdasarkan kajian tentang karakteristik permasalahan di lapangan dipilih model pembelajaran flipped classroom. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design. Digunakan sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas XI DPIB 1 dan XI DPIB 2 dengan masing masing jumlah siswa dalam satu kelas yaitu 35 siswa. Kelas XI DPIB 1 sebagai kelas eksperimen pada kelas eksperimen ini akan diberikan perlakuan model pembelajaran flipped classroom sedangkan kelas XI DPIB 2 sebagai kelas kontrol yang mana pada kelas ini menggunanakan model pembelajaran konvensional. Pada proses penelitian ini berlangsung untuk melihat kemampuan awal siswa maka dilakukan pretest untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar diadakan posttest. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 19. Hal ini dihasilkan nilai rata rata posttest kelas eksperimen yaitu 81 29 sedangkan pada kelas kontrol rata rata nilai sebesar 71 57. Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar dilakukan pengujian T test yang menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar dan menyimpulkan bawha Ho ditolak dan H1 dinyatakan diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269279

Actions (login required)

View Item View Item