Perbedaan prestasi belajar siswa aktif dan tidak aktif bermain game online di smk pgri 1 lamongan / Zudha Offianda Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa aktif dan tidak aktif bermain game online di smk pgri 1 lamongan / Zudha Offianda Pratama

Pratama, Zudha Offianda Pratama (2022) Perbedaan prestasi belajar siswa aktif dan tidak aktif bermain game online di smk pgri 1 lamongan / Zudha Offianda Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan industri hiburan teknologi informasi dan komunikasi yang berlangsung begitu cepat ini mendorong bangkitnya industri kreatif salah satunya adalah game online. Memperhatikan animo pelajar dalam memainkan game online membuat motivasi belajar siswa menurun yang berdampak langsung terhadap menurunnya prestasi belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang aktif bermain game online dengan prestasi belajar siswa yang tidak aktif bermain game online. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif komparatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini memakai analasis deskriptif serta independent t-test untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang aktif bermain game online dengan siswa yang tidak aktif bermain game online. Variabel dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif bermain game online sebagai varibel bebas (X1) siswa yang tidak aktif bermain game online sebagai variabel bebas (X2) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMK PGRI 1 Lamongan yang berjumlah 65 responden yang terdiri dari 31 responden yang aktif bermain game online dan 34 responden yang tidak aktif bermain game online. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa yang aktif bermain game online sebesar 82 19 masuk dalam kategori kompeten atau memuaskan dengan rerata keaktifan bermain game online sebesar 69 08. Sedangkan prestasi belajar siswa yang tidak aktif bermain game online sebesar 83 26 masuk dalam kategori kompeten atau memuaskan dengan rerata keaktifan bermain game online sebesar 41 02. Hasil uji t-tes menunjukan nilai sig(2-tailed) sebesar 0 043 lt 0 05 yang berarti ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang aktif bermain game online dan prestasi belajar siswa yang tidak aktif bermain game online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269278

Actions (login required)

View Item View Item