Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan repetisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMKN 2 Probolinggo / Winaldi Afrian Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan repetisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMKN 2 Probolinggo / Winaldi Afrian Putra

Putra, Winaldi Afrian (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan repetisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMKN 2 Probolinggo / Winaldi Afrian Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran Mekanika Teknik merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMK Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Hasil wawancara dengan siswa kelas X DPIB 1 SMKN 2 Probolinggo diperoleh bahwa metode ceramah yang diterapkan dalam proses pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Siswa tidak ada tuntutan untuk aktif dalam pembelajaran sehingga tidak dapat memahami materi dengan baik. Dengan ketentuan nilai KKM adalah 75 total siswa kelas X DPIB 1 yang mencapai ketuntasan belajar adalah 13 88% dari 36 siswa atau hanya 5 siswa. Sedangkan total siswa kelas X DPIB 2 yang mencapai ketuntasan belajar adalah 31 42% dari 35 siswa atau sebanyak 11 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar guru diharapkan dapat memilih dan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif. Sedangkan cara lain dalam meningkatkan pemahaman siswa adalah dengan proses pembelajaran yang diulang-ulang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMKN 2 Probolinggo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan repetisi. Disain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Probolinggo sedangkan siswa yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan berjumlah 25 orang. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan lembar observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian disusun sedemikian rupa sesuai dengan apa yang hendak diamati dan diukur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan repetisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK Negeri 2 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269277

Actions (login required)

View Item View Item