Pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid learning pada mata pelajaran dasar-dasar teknik kontruksi dan perumahan Kelas X SMK / Ikrima Dwi Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid learning pada mata pelajaran dasar-dasar teknik kontruksi dan perumahan Kelas X SMK / Ikrima Dwi Puspita

Puspita, Ikrima Dwi (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis hybrid learning pada mata pelajaran dasar-dasar teknik kontruksi dan perumahan Kelas X SMK / Ikrima Dwi Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara ditemukan bahwa ketersediaan media pembelajaran dan bahan ajar pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi dan perumahan masih kurang relevan dengan kondisi pembelajaran. Jadi minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran belum terpenuhi karena kesulitan mencari sumber belajar yang sesuai capaian pembelajaran yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran dan menguji kevalidan media pembelajaran berupa e-modul pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi dan perumahan dengan berbasis hybrid learning kelas X SMK. Penelitian yang dikembangkan ini menggunakan model Reserch and Development (R amp D) dengan langkah-langkah penelitianya mengacu kepada Sugiyono yang telah dimodifikasi meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain dan revisi produk. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini berupa produk e-modul pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar kontruksi dan perumahan dengan berbasis hybrid learning kelas X SMK . Produk e-modul pembelajaran telah divalidasi oleh ahli materi dengan skor 96% untuk aspek desain dan skor 94% untuk aspek pembelajaran dan divalidasi oleh ahli media dengan skor 88% untuk aspek rekayasa perangkat lunak dan sebesar skor 94% untuk aspek komunikasi visual serta diuji coba perorangan dengan skor 90% untuk aspek penggunaan bahan ajar dan skor 93% untuk aspek pemanfaatan bahan ajar. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan secara keseluruhan media pembelajaran berupa e-modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria kelayakan ldquo Sangat Valid rdquo dan sudah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269267

Actions (login required)

View Item View Item