Fiwanzah (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk mata pelajaran estimasi biaya konstruksi pada Siswa XII DPIB SMKN 3 Boyolangu / Fiwanzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dilatarbelakangi kondisi Indonesia saat ini mengalami pandemi Covid-19 sehingga pemerintah menghimbau untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Sehingga perlu adanya strategi yang tepat agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Dalam proses pembelajaran siswa DPIB SMKN 3 Boyolangu terdapat beberapa masalah khususnya pembelajaran mata pelajran Estimasi Biaya Konstruksi yaitu siswa sering kesulitan memahami materi perhitungan siswa kesulitan dalam menyelesaikan tugas terkendala jaringan saat pembelajaaran online pembelajaran online secara sinronus dirasa kurang efektif dan varia media pembelajaran yang dikgunakan kurang bervairiasi. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial dengan harapan dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video tutorial untuk mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada siswa kelas XII DPIB SMKN 3 Boyolangu (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada siswa kelas XII DPIB SMKN 3 Boyolangu. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (2012) yang telah dimodifikasi yang terdiri dari 6 tahapan yaitu potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Validasi produk dilakukan oleh 1 ahli materi yaitu guru DPIB SMKN 3 Boyolangu dan 1 ahli media yaitu Dosen Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan yaitu 10 siswa kelas XII DPIB SMKN 3 Boyolangu. Teknik dan instrument pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian (1) hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 95% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 99% dengan kriteria sangat layak (2) hasil uji coba produk ke siswa memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian maka media pembelajaran berbasis video tutorial untuk mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dinyatakan sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XII Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 06:37 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269262 |
Actions (login required)
View Item |