Perbedaan hasil belajar bergaya kognitif reflektif dan impulsif pada kompetensi keahlian geomatika SMKN 1 Singosari / Saridevi Suci Saraswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar bergaya kognitif reflektif dan impulsif pada kompetensi keahlian geomatika SMKN 1 Singosari / Saridevi Suci Saraswati

Saraswati, Saridevi Suci (2022) Perbedaan hasil belajar bergaya kognitif reflektif dan impulsif pada kompetensi keahlian geomatika SMKN 1 Singosari / Saridevi Suci Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pada tahun 2021 SMK masih menjadi lulusan dengan angka pengangguran tertinggi sebesar 11 13%. Oleh karena itu evaluasi pembelajaran perlu dilakukan salah satu evaluasi pembelajaran adalah hasil belajar. Saat ini hasil belajar juga dapat disebabkan oleh gaya kognitif siswa sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Kognitif Reflektif sendiri adalah kemampuan siswa yang memiliki ciri-ciri membutuhkan waktu yang lama dalam menjawab pertanyaan namun memiliki ketepatan respon jawaban yang baik pada tes Matching Familiar Figure Test (MFFT) sedangkan kognitif impulsif adalah kemampuan siswa yang memiliki ciri-ciri cepat dalam menjawab pertanyaan namun tidak tepat sehingga umumnya menjawab kurang tepat saat menangani pertanyaan tes Matching Familiar Figure Test (MFFT). Penelitian ini bermaksud untuk memutuskan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang dilihat dari gaya kognitif reflektif dan impulsif pada siswa SMKN 1 Singosari kompetensi keahlian Geomatika kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian studi komparasi yang melibatkan hasil belajar berupa skor tugas UTS dan UAS. Populasi dalam tinjauan ini adalah siswa SMKN 1 Singosari dengan pengujian menggunakan Simple Random Sampling yakni memilih secara acak kelas yang diinginkan dari suatu populasi. Jadi peneliti memilih kelas X GEO 1 dan X GEO 2 untuk melakukan tes MFFT dan mendapatkan 50 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar yang diperoleh dengan siswa reflektif berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85 11. (2) Hasil belajar yang diperoleh siswa impulsif berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 69 02. (3) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara siswa reflektif dan impulsif pada mata pelajaran kejuruan kompetensi keahlian Geomatika di SMKN 1 Singosari dengan nilai signifikansi (2-sided p) 0 000 lt 0 05 yang bila dibandingkan siswa reflektif mempunyai hasil yang lebih baik dibandingkan siswa impulsif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269258

Actions (login required)

View Item View Item