Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru program keahlian teknik konstruksi dan properti terhadap pemahaman tingkat ranah menurut taksonomi bloom pada sekolah menengah kejuruan se kota blitar / Annisa Nurrochima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru program keahlian teknik konstruksi dan properti terhadap pemahaman tingkat ranah menurut taksonomi bloom pada sekolah menengah kejuruan se kota blitar / Annisa Nurrochima

Nurrochima, Annisa Nurrochima (2022) Pengaruh pengalaman dan jenis pendidikan guru program keahlian teknik konstruksi dan properti terhadap pemahaman tingkat ranah menurut taksonomi bloom pada sekolah menengah kejuruan se kota blitar / Annisa Nurrochima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu jenjang pendidikan yang bertanggung jawab menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk bersaing di abad 21 yang semakin pesat persaingannya. Siswa SMK dituntut memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang ditandai dengan kemampuan memecahkan permasalahan yang ada salah satunya dengan menyelesaikan soal evaluasi yang diberikan oleh guru. Tidak sedikit guru yang lupa bahkan tidak tau mengenai teori tingkat ranah yang salah satunya menurut Taksonomi Bloom. Dan sebagai guru harus memahami penerapan tingkat ranah tersebut. Masalah yang ditemui oleh beberapa penelitian lain salah satunya ditemukan terjadi kurangnya tingkat ranah yang diberikan guru kepada siswa pada soal yang diberikan adapula kesalahan tingkat ranah menurut guru dengan tingkat ranah yang sebenarnya menurut Taksonomi Bloom dan soal yang dibuat masih pada tingkat rendah sehingga soal tidak dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Sebab yang ditemukan dalam penelitian ada jenis pendidikan guru yang mempengaruhi pemahaman guru terhadap tingkat ranah soal. Oleh karena itu maka diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai pemahaman guru terhadap tingkat ranah menurut Taksonomi Bloom. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang tingkat ranah soal (2) mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap pemahaman tingkat ranah soal menurut Taksonomi Bloom (3) mengetahui pengaruh jenis pendidikan guru terhadap pemahaman tingkat ranah soal menurut Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Data angket/kuesioner dalam penelitian ini untuk variabel pengalaman mengaja guru dan jenis pendidikan guru dan dokumentasi berupa soal beserta tingkat ranah. Analisis data dimulai dengan analisis deskriptif pemahaman guru tentang tingkat ranah soal menurut Taksonomi Bloom dan skoring untuk setiap jawaban angket/kuesioner dan analisis hipotesis menggunakan analisis regresi dan uji beda rerata. Hasil penelitian pertama yakni soal yang dibuat guru terdiri 53 01% pada tingkat ranah mengingat (C1) 22 18% pada tingkat ranah memahami (C2) 19 10% pada tingkat ranah mengaplikasi (C3) 5 71% pada tingkat ranah menganalisis (C4) 0% pada tingkat ranah mengevaluasi (C5) dan 0% pada tingkat ranah mencipta (C6). Kedua terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar dengan pemahaman tingkat ranah menurut Taksonomi Bloom dengan nilai R 0 462 dan sig. (1-tailed) 0 001. Ketiga terdapat perbedaan yang signifikan antara jenis pendidikan keguruan dan non keguruan yang berpengaruh terhadap pemahaman tingkat ranah menurut Taksonomi Bloom dengan nilai F 0 173 dan sig. (2-tailed) 0 000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269250

Actions (login required)

View Item View Item