Pengaruh penggunaan media audio visual articulate storyline 3 pada alat ukur elektrik terhadap minat dan hasil belajar PDTO siswa Kelas X TKRO SMKN 1 Singosari / Muhammad Nur Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media audio visual articulate storyline 3 pada alat ukur elektrik terhadap minat dan hasil belajar PDTO siswa Kelas X TKRO SMKN 1 Singosari / Muhammad Nur Ali

Ali, Muhammad Nur (2022) Pengaruh penggunaan media audio visual articulate storyline 3 pada alat ukur elektrik terhadap minat dan hasil belajar PDTO siswa Kelas X TKRO SMKN 1 Singosari / Muhammad Nur Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang pembelajaran diwajibkan dilaksanakan secara daring dikarenakan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pembelajaran daring ini membuat guru harus menciptakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Terutama dalam menyusun media pembelajaran. Apabila pendidik mampu menyusun media pembelajaran yang menarik jelas mudah dipahami dan sesuai kebutuhan siswa maka siswa akan semakin tertarik untuk mempelajari materi tersebut lebih dalam. Semakin efektif penggunaan media audio visual maka akan semakin tinggi minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan minat dan hasil belajar PDTO siswa pada kelas yang menggunakan media audio visual Articulate Storyline 3 dan Ms. Power Point dengan kelas yang yang menggunakan media audio visual Ms. Power Point saja. Penelitian ini menggunakan bentuk Quasi eksperimental design yaitu Non-equivalent Control Group Design yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan minat belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio visual Articulate Storyline 3 dan Ms. Power Point (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan media Ms. Power Point (kelas kontrol). Hal tersebut ditunjukkan dengan t hitung gt t tabel yaitu 6.389 gt 1.699. (2) Ada perbedaan hasil belajar PDTO siswa pada kelas yang menggunakan media audio visual Articulate Storyline 3 dan Ms. Power Point (kelas eksperimen) dengan kelas yang menggunakan media Ms. Power Point (kelas kontrol). Hal tersebut ditunjukkan dengan t hitung gt t tabel yaitu 1.947 gt 1.699. Saran dari peneliti untuk penelitian selanjutnya agar selalu berinovasi dalam menciptakan media dan teknik pembelajaran yang bervariasi untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269193

Actions (login required)

View Item View Item