Perbedaan penguasaan kompetensi pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan ekspositori pada peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penguasaan kompetensi pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan ekspositori pada peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Blitar

Putra, Yoga Pratama (2022) Perbedaan penguasaan kompetensi pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan ekspositori pada peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dalam pendidikan kejuruan di sekolah (SMK) bertujuan mengarahkan dan membentuk peserta didiknya agar siap terjun pada dunia kerja. Namun terdapat permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran pada peserta didik yang mengakibatkan kurangnya tingkat penguasaan kompetensi peserta didik secara kognitif. Permasalahan tersebut menggiring penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kompetensi pemeliharaan mesin kendaraan ringan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Ekspositori pada peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN 1 Blitar. Dimana penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen yang diawali dengan memberikan perlakuan model pembelajaran yang berbeda pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukan kelas dengan penerapan PBL memiliki nilai rata-rata 79 40 dan penerapan model pembelajaran ekspositori memiliki nilai rata-rata 69 40 sedangkan hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan kompetensi yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan ekspositori. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan (1) Penguasaan kompetensi yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori (2) Penguasaan kompetensi yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori tidak lebih baik daripada model pembelajaran PBL dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan kompetensi yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 25 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269189

Actions (login required)

View Item View Item