Perbedaan variasi tekanan injection nozzle dan variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin diesel 4d56-2.5 / A. Shohibur Rizqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan variasi tekanan injection nozzle dan variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin diesel 4d56-2.5 / A. Shohibur Rizqi

Rizqi, A. Shohibur (2022) Perbedaan variasi tekanan injection nozzle dan variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin diesel 4d56-2.5 / A. Shohibur Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizqi A Shohibur. 2022. Perbedaan Variasi Tekanan Injection Nozzle dan Variasi Celah Katup terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel 4D56-2.5. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sumarli Drs. M.Pd. M.T. (2) Paryono Drs. S.T. M.T Kata kunci Injection Nozzle Celah Katup Mesin Diesel 4D56-2.5 Konsumsi Bahan Bakar Emisi Gas Buang. Kendaraan niaga yang digunakan masyarakat saat ini semuanya menggunakan mesin Diesel bahkan kendaraan penumpang kecil sudah banyak yang menggunakan mesin Diesel. Efisiensi konsumsi bahan bakar merupakan alasan utama penggunaan mesin Diesel selain itu pemeliharaan mesin Diesel lebih sederhana dibandingkan mesin bensin. Penjualan kendaraan penumpang mesin Diesel mencatat pertumbuhan positif sejalan dengan peningkatan kesadaraan konsumen perihal kandungan emisi gas buang pada mesin berbahan bakar solar tersebut. Jenis Kendaraan Bermotor Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis 2018 2019 2020 Mobil Niaga 4 thinsp 797 thinsp 254 5 thinsp 021 thinsp 888 5 thinsp 083 thinsp 405 Sumber Kepolisian Republik Indonesia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap perbedaan variasi tekanan injection nozzle dan variasi celah katup terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada mesin Diesel 4D56-2.5. Hasil penelitian akan digunakan untuk pengayaan keilmuan teknik otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk meneliti masalah tersebut telah dilakukan pengujian mesin Diesel 4D56-2.5 pada Gas Analyzer dan gelas ukur di Laboratorium Mesin Otomotif Universitas Negeri Malang. Dengan menyetel tiga variasi tekanan injection nozzle (130 bar 140 bar dan 150 bar) dan dua variasi celah katup (0 25 mm dan 0 35 mm) kemudian diuji pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar bio solar dan kandungan opasitas gas buang pada putaran mesin 1000 2000 dan 3000 rpm maka didapatkan hasil bahwa 1) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar yang signifikan dari keseluruhan uji variasi tekanan injection nozzle 130 bar 140 bar dan 150 bar pada variasi celah katup 0 25 mm pada mesin 4D56-2.5 2) Ada perbedaan konsumsi bahan bakar yang signifikan dari keseluruhan uji variasi tekanan injection nozzle 130 bar 140 bar dan 150 bar pada variasi celah katup 0 35 mm pada mesin 4D56-2.5 3) Ada perbedaan kandungan opasitas / emisi gas buang yang signifikan dari keseluruhan uji variasi tekanan injection nozzle 130 bar 140 bar dan 150 bar pada variasi celah katup 0 25 mm pada mesin 4D56-2.5 4) Ada perbedaan kandungan opasitas / emisi gas buang yang signifikan dari keseluruhan uji variasi tekanan injection nozzle 130 bar 140 bar dan 150 bar pada variasi celah katup 0 35 mm pada mesin 4D56-2.5 Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain 1) bagi akademisi UM Malang sebagai referensi dan masukan yang konkret ilmiah sehingga dapat digunakan untuk pengayaan ilmu teknik otomotif dan pengembangan penelitian yang relevan selanjutnya 2) bagi praktisi industri dapat digunakan sebagai salah satu pedoman untuk menyetel tekanan injection nozzle dan menyetel celah katup yang tepat pada mesin Diesel 4D56-2.5 yang menggunakan bahan bakar bio solar. 3) bagi pengguna mesin Diesel 4D56-2.5 berdasarkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai patokan untuk penyetelan masuknya bahan bakar (injection nozzle) dan masuknya udara (celah katup) sesuai dengan kebutuhan mesin diesel tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269188

Actions (login required)

View Item View Item