Pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan kelompok pada KD menerapkan sistem pengapian elektronik siswa Kelas XI TKR Smkn 1 Gedangan Malang / Fajar Putra Nugraha</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan kelompok pada KD menerapkan sistem pengapian elektronik siswa Kelas XI TKR Smkn 1 Gedangan Malang / Fajar Putra Nugraha</p>

Nugraha, Fajar Putra (2021) Pengaruh model pembelajaran project based learning dan problem based learning terhadap hasil belajar dan keaktifan kelompok pada KD menerapkan sistem pengapian elektronik siswa Kelas XI TKR Smkn 1 Gedangan Malang / Fajar Putra Nugraha</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual atau kerangka pendekatan yang digunakan untuk memecahkan permasalahan. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada masalah yang nyata. Diharapkan dengan memberikan permasalahan tersebut siswa dapat membentuk pengetahuan dan keterampilan dengan sendiri melalui penyelesain masalah. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menginvestigasi dan memecahkan dari permasalahan atau proyek yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut menjadikan siswa aktif dalam belajar kelompok dan tahap akhir adalah pemberian evalusi yang menentukan hasil belajar siswa dari ilmu yang diperolehnya selama mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas XI TKR diketahui XI TKR 1 dengan jumlah siswa 32 dan kelas XI TKR 2 dengan jumlah yaitu 32. Taraf kesalah yang digunakan 5% yaitu 51 maka jumlah objek tiap kelas adalah 28 berdasarkan perhitung. Seluruh item soal memiliki nilai Cronbach s Alpha 0 908 artinya sangat reliable. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil nilai probabilitas pada model pembelajaran PJBL dan PBL adalah 0 002. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar. Berdasarkan tabel group statistic menunjukan PJBL lebih baik dari pada PBL memiliki nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 76 929. baik Sedangkan pada model pembelajaran PBL adalah 63 750. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil probabilitas 0 000. Menunjukan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model PBL dan PJBL. Tabel group statistic niali rata-rata siswa dalam kekatifan kelompok yang PJBL 89 14 sedangkan keaktifan siswa dalam kelompok yang diajar menggunakan model PBL 73 46. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran lebih baik membuat keaktifan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269187

Actions (login required)

View Item View Item