Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kepanjen / Panji Syahrul Ramadan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kepanjen / Panji Syahrul Ramadan

Ramadan, Panji Syahrul (2022) Peningkatan hasil belajar teknologi dasar otomotif melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Kepanjen / Panji Syahrul Ramadan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas kegiatan pembelajaran senantiasa dilakukan dikarenakan masalah yang terjadi setelah dilakukannya proses pembelajaran adalah perihal hasil belajar. Penyebab dari permasalahan tersebut adalah penyajian materi masih dilakukan dengan metode pembelajaran yang terfokus pada guru atau teacher-centered learing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (2) setelah diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siklus I dan siklus II (3) peningkatan dari sebelum perlakuan selama siklus setelah 1 dan setelah siklus 2 pada materi Memahami Rangkaian Kelistrikan Sederhana di kelas X-TKRO 1 di SMK Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif sebelum tindakan perlakuan masih tergolong rendah. Kemudian hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya. Pada siklus II hasil tes hasil belajar siswa telah memenuhi dan atau melebihi nilai ketuntasan minimal yaitu 75 dengan persentase siswa yang berhasil sebesar 75% sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269175

Actions (login required)

View Item View Item