Pengaruh jumlah katup intake terhadap daya pada motor honda astrea grand / Derry Wahyu Aldhianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh jumlah katup intake terhadap daya pada motor honda astrea grand / Derry Wahyu Aldhianto

Aldhianto, Derry Wahyu Aldhianto (2022) Pengaruh jumlah katup intake terhadap daya pada motor honda astrea grand / Derry Wahyu Aldhianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sepeda motor menjadi alat transportasi paling digemari karena keunggulan sepeda motor dalam hal biaya perawatan efektifitas waktu perjalanan kenyamanan serta mempunyai kemampuan untuk menerobos kemacetan di jalan raya. Sepeda motor merupakan jenis kendaraan pribadi yang menggunakan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) dan menggunakan busi sebagai sumber penyalaannya. Perkembangan yang terjadi pada sepeda motor bukan hanya keluaran terbaru dari suatu kendaraan tetapi juga suku cadang yang mengalami perkembangan dan banyak yang sudah mengalami modifikasi. Hampir semua dari bagian suku cadang sepeda motor bisa dilakukan modifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh penambahan jumlah katup intake terhadap daya pada mesin Honda Astrea Grand. Hasil penelitian akan digunakan untuk pengayaan keilmuan otomotif terapan dan untuk keperluan kemajuan perkembangan mesin otomotif. Untuk meneliti masalah tersebut telah dilakukan pengujian mesin Honda Astrea Grand pada alat Dynotest yang dilakukan di bengkel DGS Speedshop Malang. Pada saat pengetesan motor Honda Astrea Grand bermesin standar dan sesudah di ganti menggunakan head 3 katup dinaikkan ke alat dynotest dan dilakukan pengambilan data masing-masing mesin dengan 10 variasi putaran mesin untuk melihat daya yang dihasilkan. Yakni pada 2000 2500 3000 3500 4000 4500 5000 5500 6000 dan 7000 rpm. Maka didapatkan hasil bahwa ada perbedaan daya yang signifikan pada mesin yang sudah dirubah menjadi 3 katup. Mesin yang sudah menggunakan 3 katup mengalami kenaikan daya pada setiap perputaran mesinnya. Hal ini disebabkan oleh udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar semakin banyak maka semakin besar pula ledakan yang akan terjadi di dalam ruang bakar yang akan menghasilkan dorongan pada torak dan poros engkol semakin besar sehingga menghasilkan daya yang besar pula. Berdasarkan hasil penelitian di atas beberapa saran yang diberikan oleh peneliti antara lain 1) bagi akademis UM Malang sebagai referensi dan masukan yang konkret ilmiah sehingga dapat digunakan untuk pengayaan ilmu teknik otomotif dan pengembangan penelitian yang relevan selanjutnya 2) bagi praktisi industri dapat digunakan sebagai referensi dan dikembangkan lagi untuk desain produk mesin kendaraan berikutnya. 3) bagi pengguna mesin honda seri astrea atau C100 dapat digunakan sebagai salah satu jalan pintas untuk menambah akselerasi motor tua menjadi lebih bertenaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 07:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269141

Actions (login required)

View Item View Item