Pengembangan media pembelajaran jarak jauh berbasis augmented reality kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya / Arindita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran jarak jauh berbasis augmented reality kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya / Arindita Putri

Putri, Arindita (2022) Pengembangan media pembelajaran jarak jauh berbasis augmented reality kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya / Arindita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 menyatakan bahwa aktivitas pembelajaran tidak terbatas oleh tempat dan waktu sehingga perlu memanfaatkan teknologi yang menunjang hal tersebut. Hasil diskusi bersama guru mata pelajaran produktif Teknik Pemesinan Frais di SMK PGRI 3 Malang penyampaian materi dengan metode demonstrasi tidak dapat dilakukan secara langsung karena seluruh siswa belajar dari rumah sehingga guru hanya menggunakan media powerpoint dan video pembelajaran. Dampaknya siswa mengalami kesulitan untuk mendalami materi dan cenderung bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran jarak jauh berbasis augmented reality yang mampu membantu siswa untuk belajar mandiri dan mengasah kemampuannya. Media pembelajaran yang dirancang berupa aplikasi Android dilengkapi dengan modul pembelajaran berbasis augmented reality yang dapat memvisualisasikan mesin frais. Visualisasi tersebut menjadi perbedaan aplikasi augmented reality yang dikembangkan dengan aplikasi augmented reality lainnya yaitu adanya tampilan objek 3D yang disertai dengan audio ringkasan materi serta soal kuis yang secara langsung dapat dikerjakan hingga skor ditampilkan. Selain itu produk yang dihasilkan juga berupa panduan penggunaan media pembelajaran sehingga ketika pengguna menggunakan aplikasi tersebut tidak memerlukan pendampingan lagi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE karena menggambarkan pendekatan sistematis untuk pengembangan instruksional. Subjek coba adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengukuran berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif didapatkan untuk memperkuat hasil data kuantitatifnya. Analisis data kuantitatif untuk mengukur kelayakan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran MILLIAR (milling augmented reality) yang terdiri atas modul aplikasi Android dan buku petunjuk penggunaan dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari ahli materi mencapai 100% dengan kriteria sangat layak (2) penilaian dari ahli media mencapai 98% dengan kriteria sangat layak dan (3) rata-rata penilaian dari pengguna sebesar 85 22% dengan kriteria sangat layak. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran MILLIAR sangat layak diterapkan dalam aktivitas belajar mengajar jarak jauh tanpa adanya batasan waktu maupun tempat pada mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais kompetensi dasar mengidentifikasi bagian-bagian mesin frais berdasarkan jenis dan fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269033

Actions (login required)

View Item View Item