Analisis hambatan dalam program asistensi mengajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang / Elian Bayu Waskito - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hambatan dalam program asistensi mengajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang / Elian Bayu Waskito

Waskito, Elian Bayu (2022) Analisis hambatan dalam program asistensi mengajar mahasiswa pendidikan teknik mesin Universitas Negeri Malang / Elian Bayu Waskito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor salah satu diantaranya adalah guru. Guru merupakan faktor penentu yang dapat membentuk kualitas suatu pendidikan karena gurulah yang berkomunikasi langsung dengan peserta didik. Selain adanya guru yang berkualitas peran pemerintah juga sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia salah satunya melalui program dari Kemendikbud yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu program yang ada dalam MBKM yaitu Asistensi Mengajar. Asistensi mengajar saat ini telah diterapkan dan menjadi program utama pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Dalam melaksanakan asistensi mengajar tidak senantiasa selalu berhasil seringkali ada hal-hal yang mengakibatkan timbulnya kegagalan atau kesulitan yang dialami oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan pada kemampuan profesional kemampuan pedagogik kemampuan personal kemampuan sosial adaptasi teknologi dalam pembelajaran administrasi sekolah kegiatan non akademik dan hambatan yang dialami mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang dalam program Asistensi Mengajar secara menyeluruh. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang terdapat hambatan-hambatan pada saat melaksanakan program Asistensi Mengajar. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman dan persiapan sebelum melaksanakan dalam melaksanakan program Asistensi Mengajar sehingga program Asistensi Mengajar tidak dapat berjalan dengan maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang angkatan 2018 yang telah melaksanakan program Asistensi Mengajar sebanyak 66 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan angket selanjutnya analisis data dengan menghitung persentase jawaban responden. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa masih kurang mampu menguasai dalam kemampuan profesional kegiatan administrasi sekolah kegiatan non akademik dan mahasiswa mampu menguasai dalam kemampuan pedagogik kemampuan personal kemampuan sosial kemampuan adaptasi teknologi dalam pembelajaran. Sedangkan secara keseluruhan mahasiswa mampu menguasai kemampuan dan kegiatan yang ada dalam program asistensi mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269032

Actions (login required)

View Item View Item