Efektivitas rubrik penilaian berbasis kompetensi untuk meningkatkan hasil belajar praktikum kerja bengkel SMKN 1 Kertosono / Mohammad Ilham Amirudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas rubrik penilaian berbasis kompetensi untuk meningkatkan hasil belajar praktikum kerja bengkel SMKN 1 Kertosono / Mohammad Ilham Amirudin

Amirudin, Mohammad Ilham (2022) Efektivitas rubrik penilaian berbasis kompetensi untuk meningkatkan hasil belajar praktikum kerja bengkel SMKN 1 Kertosono / Mohammad Ilham Amirudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran praktik di SMK Negeri 1 Kertosono dalam penilaiannya menggunakan Penilaian Berbasis Kompetensi khususnya pada mata pelajaran praktik kerja bengkel. Penilaian Berbasis Kompetensi di SMKN 1 Kertosono sejauh ini belum diketahui keefektifannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Apakah Penilaian Berbasis Kompetensi dapat memenuhi kriteria hasil belajar siswa pada mata pelajaran praktikum kerja bengkel. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rubrik penilaian berbasis kompetensi dalam meningkatkan hasil belajar praktikum kerja bengkel di SMKN 1 Kertosono. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebesar 108 siswa. Dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebesar 42 siswa yang diambil dari siswa yang aktif masuk pada setiap pembelajaran daring dengan ketidakhadiran le 3. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Kertosono. Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas analisis deskriptif uji prasyarat normalitas dan linieritas dan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukan pelaksanaan penilaian berbasis kompetensi pada praktikum kerja bengkel di SMKN 1 Kertosono adalah sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan hasil penggunaan rubrik penilaian berbasis kompetensi dengan hasil belajar praktikum kerja bengkel siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Kertosono. Pengujian hipotesis tersebut didasarkan pada hasil analisis regresi linear sederhana dengan F 13 140 yang didapatkan sig 0 001 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% dimana nilai signifikansi 0 001 lt 0 05. Evaluasi dan peningkatan standar kompetensi perlu terus dilakukan dalam pendidikan keteknikan dan industri dalam mempersiapkan kompetensi siswa untuk karir masa depan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269029

Actions (login required)

View Item View Item