Analisis kemampuan leadership pada peserta didik smk negeri 1 purwosari pasuruan / Muhammad Rilo Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan leadership pada peserta didik smk negeri 1 purwosari pasuruan / Muhammad Rilo Pambudi

Pambudi, Muhammad Rilo (2022) Analisis kemampuan leadership pada peserta didik smk negeri 1 purwosari pasuruan / Muhammad Rilo Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran usia muda khususnya lulusan SMK pada masa pandemi ini menjadi sebuah permasalahan besar. Terlebih lagi era industri 4.0 yang sudah masuk dan akan segera menuju ke era industri 5.0. Serta bangkitnya sektor ekonomi dan industri negara Indonesia setelah mengalami penurunan pada masa pandemi. Maka dari itu diperlukan pembekalan kemampuan leadership yang terdiri atas soft skill dan hard skill pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi kemampuan leadership peserta didik yang dikategorikan dalam lima level. Kemudian sifat-sifat leadership yang ada pada diri peserta didik. Serta faktor yang mempengaruhi kemampuan leadership peserta didik yang terdiri atas faktor pemicu faktor penghambat dan faktor pendukung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan penyebaran angket untuk pengumpulan data. Data yang diambil berupa data primer dengan populasi seluruh peserta didik kelas XII jurusan TPm yang berjumlah 67 peserta didik dan sampel kelas XII TPm yang berjumlah 47 peserta didik. Kemudian data yang didapat akan diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Sebelum dilakukan penyebaran angket terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan kelayakan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan leadership peserta didik berada pada kategori tinggi. Namun pada usia tersebut kemampuan yang dimiliki masih belum stabil sehingga diperlukan pelatihan lebih lanjut. Salah satunya adalah gap year yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan pemahaman dunia kerja lebih dalam lagi. Sifat yang paling dikuasai oleh peserta didik adalah tanggung jawab social skill dan problem solving dimana sifat-sifat ini dapat berubah sesuai dengan budaya kerja yang dihadapi oleh peserta didik. Dilihat secara keseluruhan orang tua menjadi faktor yang paling berpengaruh dari faktor pemicu penghambat serta pendukung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diberikan saran sebagai berikut. Kepada pendidik disarankan untuk memberikan stimulus guna meningkatkan minat peserta didik pada topik leadership. Serta pengetahuan tentang dunia kerja supaya peserta didik mengerti kemampuan apa saja yang diperlukan di lapangan. Untuk kepala sekolah disarankan untuk memfasilitasi kegiatan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 06:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269028

Actions (login required)

View Item View Item