Hubungan lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar pdtm (pekerjaan dasar teknik mesin) di masa pembelajaran daring pada peserta didik kelas x SMKN 1 Singosari / Yogma Charis Anugrah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar pdtm (pekerjaan dasar teknik mesin) di masa pembelajaran daring pada peserta didik kelas x SMKN 1 Singosari / Yogma Charis Anugrah

Anugrah, Yogma Charis (2022) Hubungan lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar pdtm (pekerjaan dasar teknik mesin) di masa pembelajaran daring pada peserta didik kelas x SMKN 1 Singosari / Yogma Charis Anugrah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anugrah Yogma. 2022. Hubungan Lingkungan Rumah dan Motivasi Berprestasi dengan Minat Belajar PDTM (Pekerjaan Dasar Teknik Mesin) di Masa Pembelajaran Daring pada Peserta Didik Kelas X SMKN 1 Singosari. Skripsi Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwi Agus Sudjimat S.T M.Pd. (II) Drs. H. Maftuchin Romlie M.Pd. Kata Kunci Lingkungan Rumah Motivasi Berprestasi Minat Belajar. Dorongan dari dalam individu untuk melakukan suatu hal disebut minat belajar tentu minat belajar dipengaruhi faktor yang berbeda-beda pada setiap peseta didik. Tujuan peneliti yaitu ingin mengetahui adanya hubungan antara lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar PDTM (Pekerjaan Dasar Teknik Mesin) di masa pembelajaran daring pada peserta didik kelas X SMKN 1 Singosari. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui hubungan lingkungan rumah dengan minat belajar PDTM (b) mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan minat belajar PDTM (c) mengetahui hubungan antara lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar PDTM. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode korelasional. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner dalam google form. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi berganda dengan melihat hasil analisis output regresi linear berganda dari SPSS. Hasil uji hipotesis H1 H2 dan H3 didapat nilai signifikansi 0.267 0.037 dan 0.009 maka dapat dinyatakan bahwa H1 ditolak H2 diterima dan H3 diterima yang berarti tidak ada hubungan lingkungan rumah dengan minat belajar lalu ada hubungan motivasi berprestasi dengan minat belajar kemudian ada hubungan secara simultan antara lingkungan rumah dan motivasi berprestasi dengan minat belajar PDTM. Saran dari penelitian ini dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik guru mata pelajaran PDTM diharapkan (a) lebih mempererat kerja sama antara pengajar dan orang tua (b) sebelum memberi suatu materi pelajaran selalu dikaitkan dengan hal yang disukai peserta didik (c) melakukan pertemuan terjadwal dengan wali peserta didik misalnya satu bulan sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269015

Actions (login required)

View Item View Item