Pengembangan modul pengelasan smaw berbasis android (mobile pocket book) bagi siswa teknik pemesinan SMKN 1 Blitar / Aigo Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pengelasan smaw berbasis android (mobile pocket book) bagi siswa teknik pemesinan SMKN 1 Blitar / Aigo Susilo

Susilo, Aigo (2022) Pengembangan modul pengelasan smaw berbasis android (mobile pocket book) bagi siswa teknik pemesinan SMKN 1 Blitar / Aigo Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini mengalami pertumbuhan dengan semakin pesat hal ini terlihat manusia sehari-hari tidak terpisahkan oleh teknologi. pemanfaatan teknologi mulai yang bersifat sederhana hingga yang bersifat canggih sistem pembelajaran yang awalnya bersifat konvensional namun saat ini dengan adanya perkembangan teknologi menjadikan sistem pembelajaran memiliki suasana baru melalui sentuhan teknologi dan informasi yang modern. Pemanfaatan android secara khusus diharapkan lebih fleksibel dan lebih cepat dalam mengakses informasi khususnya berkaitan dengan informasi dalam kegiatan pembelajaran seperti mengakses materi pembelajaran. Sebab siswa sekarang lebih banyak menggunakan handphone android yang memiliki fungsi bukan hanya untuk berkomunikasi melainkan dapat mencari informasi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran pocket book pengelasan SMAW berbasis android bagi siswa teknik pemesinan SMKN 1 Blitar diantaranya adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana kelayakan media pembelajaran pocket book berbasis android pada mata pelajaran pengelasan SMKN 1 Blitar (2) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran pocket book berbasis android pada mata pelajaran pengelasan SMKN 1 Blitar Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D) yang memiliki tujuan untuk menghasilkan atau mengembangkan sebuah produk tertentu. Merujuk dari hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan diperoleh nilai kelayakan ahli media sebesar 91% dan dikategorikan kedalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari ahli materi sebesar 96% dikategorikan sangat valid. Serta hasil dari siswa kelompok kecil sebesar 79% dikategorikan Valid. Serta dari hasil dari siswa kelompok besar 87% dikategorikan sangat valid. Serta untuk hasil siswa praktek sebesar 88% dikategorikan valid. kritik dan saran media pembelajaran dapat diperoleh dari saran pemanfaatan guru atau siswa disarankan untuk memahami fitur yang ada terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penggunaan media pembelajaran saran deseminasi aplikasi pocket book pengelasan dapat digunakan mengenalkan materi pengelasan sebelum siswa melakukan praktikum dan mengenalkan hasil produk media pembelajaran pocket book pengelasan ke sekolah lain yang membutuhkan media pembelajaran pocket book pengelasan saran pengembangan lebih lanjut peneliti untuk selanjutnya diharapkan dapat merancang media pembelajaran selain pengelasan merancang media pembelajaran dengan tidak terbatas pada satu kompetensi dasar dan menghasilkan video pembelajaran dengan memperhatikan pemilihan konten warna yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 02:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269003

Actions (login required)

View Item View Item